Upgrade to Chess.com Premium!

Utut Belum Habis...!

Sejak terpilih sebagai anggota DPR RI Periode 2009-2014, GM Utut Adianto praktis meninggalkan semua kegiatan catur kompetitif. Kesibukannya sebagai anggota dewan tentu saja tidak memungkinkannya untuk bisa nyambi bermain catur. Namun demikian, siapa sangka setelah vakum dari kegiatan catur kompetitif selama empat tahun lebih, pada Juli-Agustus 2013 lalu, Utut turun gunung untuk bertarung di Biel Chess Festival di sela-sela masa resesnya sebagai anggota dewan.


Turun di kategori Turnamen Master, GM Utut Adianto (2548) berkompetisi bersama beberapa Grandmaster papan atas semisal Pentala Harikrishna (2680/India) dan Jan Smeets (2643/Belanda). Hasilnya? Utut belum habis...! Ia bertengger di peringkat keenam klasmen akhir dengen poin 7.5 dari 11 babak (6-3-2) yang dimainkan. Sementara itu, GM Susanto Megaranto yang juga turun di kategori turnamen yang sama menempel di posisi ketujuh dengan nilai sama, namun kalah dalam skor tie-break.


Memang benar, jika ditilik lebih cermat performa Utut di turnamen ini tidaklah istimewa. Ia berhasil mencatatkan 6 kemenangan melawan pemain yang ber-elo rating di bawah 2400, dua di antaranya bergelar IM, 3 FM, dan 1 non-gelar. Dari enam pecatur yang dikalahkan Utut, dua di antaranya adalah pecatur nasional yang notabene juniornya di tanah air. Selebihnya, ia bermain remis dengan tiga Grandmaster dan menyerah di tangan dua Grandmaster. Kelima Grandmaster ini ber-elo rating di atas Utut.


Kendati demikian, poin akhir 7.5/11 yang diraih Utut setelah empat tahun lebih mundur dari papan catur kompetitif membuktikan bahwa ia belum habis dan masih bisa mempertahankan performa permainannya di level tinggi serta masih menjadi yang terbaik di tanah air.


Di sisi lain, turun gunungnya Utut juga menunjukkan bahwa regenerasi pecatur-pecatur nasional untuk menggantikan posisi dirinya tidak semulus yang kita harapkan. Harapan regenerasi tersebut sempat membubung tinggi kala Susanto Megaranto meraih gelar GM pada usia 17 tahun atau empat tahun lebih muda dari Utut saat meraih gelar yang sama. Namun, kurangnya dukungan finansial baik dari pemerintah maupun swasta bagi GM Megaranto (juga IM berbakat lainnya) untuk mengikuti  turnamen internasional yang berkualitas sekaligus mendongkrak ratingnya, membuat performanya seolah jalan di tempat dan tetap berada dalam bayang-bayang nama besar GM Utut Adianto.


Berikut adalah game-game GM Utut Adianto di Turnamen Master, Biel Chess Festival 2013:


Babak I


Babak II


Babak III
 


Babak IV


Babak V


Babak VI


Babak VII
 


Babak VIII


Babak IX


Babak X


Babak XI

 

 

Dengan torehan hasil positif di turnamen ini, Utut memperbaiki catatan rating terkininya dengan tambahan 8 angka menjadi 2556.


Sangat mengagumkan, seorang anggota DPR RI aktif yang sudah empat tahun lebih mundur dari dunia catur professional kembali turun gunung di turnamen yang sangat kompetitif dan menorehkan hasil yang sangat memuaskan. Kita berharap, semoga dukungan pemerintah, swasta, dan seluruh masyarakat Indonesia terhadap pembinaan catur nasional mengalami perbaikan sehingga Utut-Utut baru akan segera lahir di masa-masa mendatang.  


Anda penggemar GM Utut Adianto? Jika ya, silahkan bergabung bersama sesama penggemar yang lain di Chess.com di sini Cool  

 

(Sumber: bielchessfestival.ch, fide.com, chessgames.com, chessdom.com)

Comments


  • 12 months ago

    namatsub

    FT itu apa Embarassed

  • 13 months ago

    Kid_Gambit

    Tongue OutLaughing

  • 13 months ago

    Nawa607

    @Thanks Patzer

    @Bung SaPutra, masih jauh juga gpp yang penting udah mulai menyusul :)

  • 13 months ago

    Kid_Gambit

    Hehee... makasih Bung Nawa saya masih jauh lagi kalo soal prestasi Laughing

  • 13 months ago

    Nawa607

    Bung SaPutra, mudah-mudahan bisa mengikuti prestasi beliau kalo gitu Smile

  • 13 months ago

    TruePatzer

    [COMMENT DELETED]
  • 13 months ago

    Kid_Gambit

    Sama2 Kang Nawa,,, GM Utut Adianto idola saya,,, karena dia saya jadi suka catur.. Smile

  • 13 months ago

    Nawa607

    @Bung SaPutra, makasih apresiasinya.

    @Kang Namatsub, iya pas saya tahu beliau main lagi di Biel saya juga kaget, luar biasa beliau ini....  

  • 13 months ago

    namatsub

    ternyata masih main Smile

  • 13 months ago

    Kid_Gambit

    Like this!!!Cool

Back to Top

Post your reply: