Upgrade to Chess.com Premium!

Encyclopaedia of Chess Openings (ECO)

  • Pujakelana
  • | Jan 19, 2012 at 10:57 PM
  • | Posted in: Kalakay
  • | 1301 reads
  • | 2 comments

PENGANTAR


Tak dapat dipungkiri, permainan catur merupakan bagian dari peradaban umat manusia (saya tak tahu, apakah umat jin juga bermain catur?Smile). Akibatnya, permainan ini dimanfaatkan dengan cara yang beragam: ada yang sekedar untuk iseng, selingan, atau hiburan, tetapi ada juga yang menekuninya sebagai kegemaran, profesi, bahkan sebagai pembelajaran dan penelitian ilmu pengetahuan (sains). Silakan jelajahi halaman catur pada salah satu situs ini.

Tak heran bila beberapa pemain top dunia adalah juga seorang matematikawan, seperti: Adolf Andersen (1818 - 1879), Machgielis (Max) Euwe (1901 - 1981), Emanuel Lasker (1868 - 1941), John Nunn (1955 - ...), dll.

Dengan demikian kompetensi dalam permainan catur pada abad kekinian perlu didukung oleh berbagai peralatan (tools), selain bakat, agar mendapatkan kualitas yang memadai dan informasi yang terbarui. Apa saja alat itu?

  1. Papan catur  (Meskipun Anda seorang anggota jamaah catur online, Anda tidak bisa kehilangan pusaka ini. Seorang sahabat pernah bercerita bahwa pada saat dia menghadapi sebuah game online, dia membuka 4 buah papan catur sekaligus untuk menganalisisnya dan menemukan langkah terbaiknya.) 
  2. Buku-buku catur
  3. Kursus/sekolah catur
  4. Handphone, komputer/laptop
  5. Software game catur
  6. File-file teori/game catur dalam berbagai format (pdf, djvu, PGN, database, dll.)
  7. Internet.

Pembukaan sebagai fase awal dalam permainan catur akan menentukan corak dan perkembangan permainan. Pemahaman yang baik tentang ini tentu saja akan membawa kebaikan pada hasil pertandingan.

Pada tulisan terdahulu telah diterbitkan tentang pembukaan ini dengan mengacu pada nama dari tiap jenisnya. Anda dapat membukanya kembali di sini, di sana, di mari, dan di sono. Masalahnya, sistem dokumentasi global saat ini lebih mengacu pada kode ketimbang nama pembukaan itu. Oleh karena itu pada serial tulisan ini saya akan menyajikan pembukaan catur berdasarkan pada Encyclopaedia of Chess Openings (ECO) dan, seperti biasa, disertai oleh-oleh untuk Anda bawa pulangWink berupa koleksi game dalam bentuk file PGN yang bersesuaian dengan kode yang disajikan.

Comments


Back to Top

Post your reply: