Upgrade to Chess.com Premium!

sebuah CERITA TENTANG CATUR

  • h3r1
  • | Nov 19, 2011 at 2:54 AM
  • | Posted in: H3R1
  • | 3577 reads
  • | 6 comments

Mungkin sebelum saya lahir ke dunia, ayah saya sudah kecanduan main catur.  Yang saya ingat di rumah kami punya banyak papan catur. Selain membaca koran setiap hari, ayah sering main catur di waktu senggangnya. Jika tidak ada lawan, maka ayah akan bertandang ke rumah temannya atau mencari lawan tanding di sekitar tetangga.  Hingga suatu waktu ayah mengajari saya bermain catur. Saya lupa sejak usia berapa saya diajari ayah mulai mengenal bidak catur. Mungkin sejak usia 5 tahun. Saya dan adik-adik sering rebutan untuk memasang bidak-bidak sesuai posisinya jika ayah sedang bermain catur. Biasanya lawan ayah tidak ingin bermain lagi jika sudah dikalahkan ayah. Tapi kadang ayah terpaksa mengalah agar temannya bersedia bermain catur. Saat ini ayah sudah berusia 88 tahun,  sejak 5 tahun lalu beliau sudah tidak dapat bermain catur lagi. Ayah kini terbaring sakit. Dua hal yang ayah wariskan pada saya adalah mengamati dunia politik, sepak bola dan catur.

Berangkat remaja, saya tidak minat menekuni dunia catur. Bagi saya olah raga basket, lompat jauh, dan renang lebih menarik daripada catur. Bahkan pernah timbul di pikiran saya, bahwa ayah membuang waktu saja bermain catur hampir setiap hari. Juga konotasi catur identik dengan permainan para pengangguran.  Hingga suatu hari di tahun 1982, saat saya duduk di kelas 2 SMA. Sekolah saya SMA N 4 Jakarta mengadakan pertandingan catur untuk pelajar wanita. Saya langsung mendaftar. Ketika itu saya nekad mendaftarkan diri, karena tidak banyak pesertanya. Padahal saya tidak pernah bermain catur sejak diajari ayah menjalankan bidak. Saya tidak pernah berlatih main catur dan tidak pernah bersedia jika diajak ayah bertanding melawannya. Hasilnya saya bisa masuk babak final dan dikalahkan oleh Netty, seorang teman keturunan Cina yang berpenampilan tomboy.

Tamat SMA hingga selesai kuliah saya tidak pernah memegang bidak catur lagi. Bahkan hingga saya menikah dan punya anak, seakan catur sudah saya lupakan. Hingga dua tahun lalu, saya dihubungi oleh salah seorang pengurus KONI dari Balikpapan tentang kedatangan tim catur Indonesia yang berlaga di kejuaraan dunia junior di Yunani. Hasilnya cukup membanggakan tim dari Indonesia meraih juara dunia dan saya sempat bertemu mereka di bandar udara El Benizelos saat mereka ingin kembali ke tanah air.  Dua tahun lalu itulah putri saya yang berusia 9 tahun, tertarik ingin dapat mengusai permainan catur. Karena kesibukan saya akhirnay saya meminta belajar sendiri. Saya bukakan account di www.chess.com. Di website inilah dia berlatih bermain dan mulai berkenalan dengan para pecatur dari manca negara. Saat dia sedang bermain, kadang memanggil saya untuk membantunya. Terlebih disaat menterinya terancam, dia kalang kabut. Tapi saya biarkan dia menyelesaikan sendiri permasalahannya. Hasilnya Aisyah putri saya semakin penasaran dengan catur. Hingga kemana kami pergi, dia selalu minta dibelikan catur. Tapi memang olah raga catur juga tidak populer di Yunani. Tidak sepopuler sepak bola, basket, renang, dll.

Bulan puasa ini, tiba-tiba timbul keinginan main catur lagi. Terlebih setelah melakukan sholat taraweeh, mata belum ingin terpejam. Biasanya saya meneruskan menulis naskah buku atau membaca buku-buku referensi dan buku baru keluaran amazon.com. Saya kembali login di www.chess.com dan mulai bermain catur kembali.  Terasa ada sesuatu yang hilang telah saya temukan kembali dengan catur. Juga baik bagi Aisyah melatih dirinya bermain catur, karena di Megara  untuk mengirimnya berlatih Tae Kwon Do harus membayar 100 euro per bulan, untuk ballet harus bayar 50 euro per bulan, padahal pertemuan dengan pelatihnya hanya dua kali seminggu.  Saya senang putri saya menuruni bakat kakeknya.

Di bawah ini saya kemukakan alasan lain mengapa catur olah raga yang banyak manfaatnya. Saya cuplikan dari sumber  

1. Catur adalah olah raga semua umur.  Umur bukan masalah dalam permainan catur, siapa saja bisa bertanding. Catur mengembangkan daya ingat. Hal ini terbukti, ketika saya menulis nama-nama teman sejak SD dan ciri-ciri mereka, ada beberapa teman yang kaget dengan tajamnya ingatan saya. Karena dengan bermain catur, Anda akan belajar teori yang sangat komplit melalui cara pembukaan yang sangat bervariasi. Catur meningkatkan daya konsentrasi, sebab selama bertanding Anda hanya fokus pada satu tujuan untuk skak mat dan menjadi pemenang.

 

 

2. Catur mengembangkan pemikiran yang logis. Bermain catur memerlukan strategi yang logis. Misalnya, Anda harus menjaga agar posisi bidak raja senantiasa selamat dan aman dari ancaman lawan, tidak membuat posisi bidak menjadi lemah dan tidak membuat bidak-bidak lainnya dimakan lawan tanpa perlawanan.

 

3. Catur meningkatkan daya imaginasi dan kretifitas. Membuat Anda menjadi seorang penemu. Begitu banyak kombinasi pertahanan dan perlawanan melalui susunan bidak-bidak yang Anda ciptakan.  

 

4.Catur mengajarkan Anda menjadi mandiri.  Anda ditantang untuk membuat keputusan yang penting berdasarkan pengamatan sendiri.

 

5. Catur mengembangkan kemampuan untuk memprediksi dan melihat segala kemungkinan yang akan terjadi dari setiap langkah Anda. Seperti mengajarkan Anda mengembangkan kemampuan untuk memprediksi dan meramalkan konsekuensi dari tindakan. Ini mengajarkan Anda untuk melihat kedua cara sebelum menyeberang jalan.

Catur menunjukkan bahwa keberhasilan imbalan kerja keras. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda akan menjadi. Anda harus siap untuk kehilangan dan belajar dari kesalahan Anda. Salah satu pemain terbesar yang pernah, Capablanca berkata, "Anda bisa belajar jauh lebih banyak dari permainan Anda kehilangan daripada dari permainan Anda menang. Anda harus kehilangan ratusan game sebelum menjadi pemain yang baik.

Catur dan Ilmu. Catur mengembangkan cara berpikir ilmiah. Sambil bermain, Anda menghasilkan banyak variasi dalam pikiran Anda. Anda mengeksplorasi ide-ide baru, cobalah untuk memprediksi dan menginterpretasikan pengungkapan mengejutkan. Anda memutuskan hipotesis, dan kemudian Anda membuat Anda bergerak dan mengujinya.

Catur dan Teknologi. Apa pemain catur lakukan selama permainan? Sama seperti komputer mereka terlibat dalam pencarian untuk bergerak lebih baik dalam waktu terbatas. Apa yang Anda lakukan sekarang? Anda menggunakan komputer sebagai alat untuk belajar.

Catur dan Matematika. Anda tidak perlu menjadi seorang jenius untuk mencari satu ini. Catur melibatkan jumlah tak terbatas perhitungan, apa pun dari menghitung jumlah penyerang dan pembela dalam hal pertukaran sederhana untuk menghitung keberlanjutan panjang. Dan Anda menggunakan kepala Anda untuk menghitung, bukan mesin kecil.

Catur dan Penelitian. Ada jutaan sumber daya catur di luar sana untuk setiap aspek dari permainan. Anda bahkan dapat mengumpulkan perpustakaan catur Anda sendiri. Dalam kehidupan, adalah penting untuk mengetahui bagaimana menemukan, mengatur dan menggunakan jumlah tak terbatas informasi. Catur memberikan Anda sebuah contoh yang sempurna dan kesempatan untuk melakukan hal itu.

Catur dan Seni. Dalam catur Ensiklopedia Soviet Agung didefinisikan sebagai Jika Anda pikir Anda tidak bisa menjadi artis, catur membuktikan Anda salah "seni muncul dalam bentuk permainan.". Catur memungkinkan bersembunyi artis dalam diri Anda untuk keluar. Imajinasi Anda akan berjalan liar dengan kemungkinan yang tak terbatas di 64 kotak. Anda akan melukis gambar-gambar di pikiran Anda dari posisi ideal dan sempurna untuk pos-pos tentara Anda. Sebagai seniman catur Anda akan memiliki gaya asli dan kepribadian.

Catur dan Psikologi. Catur adalah ujian kesabaran, saraf, akan kekuatan dan konsentrasi. Hal ini meningkatkan kemampuan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Ini tes sportif Anda dalam lingkungan yang kompetitif.

Catur meningkatkan sekolah dan kelas. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak memperoleh tingkat yang lebih tinggi membaca, tingkat matematika dan kemampuan belajar secara keseluruhan lebih besar sebagai akibat dari bermain catur. Untuk semua alasan-alasan yang disebutkan di atas dan banyak lagi, catur anak-anak bermain lebih baik di sekolah dan karena itu memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berhasil dalam hidup.

Catur membuka dunia untuk Anda. Anda tidak perlu menjadi pemain peringkat tinggi untuk memasuki kompetisi yang penting besar. Bahkan turnamen seperti AS Terbuka dan World Open pemain menyambut semua kekuatan. Catur menyediakan Anda dengan banyak kesempatan untuk perjalanan tidak hanya di seluruh negara tetapi juga di seluruh dunia. Catur adalah bahasa universal dan Anda dapat berkomunikasi dengan siapa pun atas dataran kotak-kotak.

Catur memungkinkan Anda untuk bertemu orang yang menarik banyak. Anda akan membuat persahabatan seumur hidup dengan orang yang Anda temui melalui catur.

Catur adalah murah. Anda tidak membutuhkan peralatan mewah besar untuk bermain catur. Bahkan, semua Anda mungkin perlu adalah komputer Anda! (Dan kami sangat berharap Anda memiliki salah satu dari mereka, atau sesuatu yang mencurigakan yang terjadi di sini.) Hal ini juga baik untuk memiliki catur ditetapkan di rumah untuk berlatih dengan anggota keluarga, untuk dibawa ke rumah teman atau bahkan untuk lingkungan lokal Anda taman untuk mendapatkan semua orang tertarik dalam permainan.

Catur adalah FUN! Dude, ini bukan hanya salah satu dari game-game papan. Tidak ada permainan catur yang pernah berulang, yang berarti Anda membuat ide-ide baru yang lebih dan lebih setiap pertandingan. Ini tidak pernah membosankan. Anda selalu memiliki begitu banyak untuk melihat ke depan untuk. Setiap permainan Anda adalah umum tentara dan Anda sendiri memutuskan nasib tentara Anda. Anda dapat mengorbankan mereka, perdagangan mereka, pin mereka, garpu mereka, kehilangan mereka, membela mereka, atau memerintahkan mereka untuk menerobos hambatan dan mengelilingi raja musuh. Kau punya kekuasaan! Untuk meringkas semuanya dalam tiga kata kecil-Catur adalah Segalanya!.

sumber : http://umum.kompasiana.com/2009/09/04/catur-olah-raga-banyak-manfaat/

But ... ingat waktu ya.....

Comments


  • 3 years ago

    h3r1

    jangan ini mama nya dik Anggita

  • 3 years ago

    anggitasaja

    hua, jg inget alm kakek saya... dulu saya (8 th) vs kakek (78 th) sering main sampe jam 9mlm. smpe mama nyuruh tidur pdhl masih pengen main.. miss u grandpa

  • 3 years ago

    kamabarus

    Kisah yang sangat menarik dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami. Satu point yang ingin saya sharing adalah 1. Catur adalah olah raga semua umur.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Diusia 70 thn an, adik alm ayah saya masih mantabs bermain catur, mantan juara kecamatan di usia muda hehehe.  Dan hobby nya bermain kombinasi bila pegang buah putih.  Kadang sampai jam 1 malam kami masih terus bermain di teras rumah

  • 3 years ago

    karangtarunasemarang

  • 3 years ago

    h3r1

    itu kan ane COPAS ..

     kayaknya begitu tuh

  • 3 years ago

    edpratomo

    user id nya ibu itu apa ya

Back to Top

Post your reply: