Do'a dan Dzikir

Do'a dan Dzikir

Iskandar
Iskandar
Jan 25, 2015, 1:37 AM |
0

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

"A’udzu billahis samii-il a’liimi, minasy syaiythaanirrajiim.”

Yang artinya, “Aku berlindung kepada Allah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari setan yang terkutuk.” (Riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi dengan sanad hasan)

Bismillah Hirrahman Nirrahim.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

YANG TERSURAT & TERSIRAT…
1. Al-Fatihah terdiri dari ayat. Diturunkan di Mekah, sebelum Rasul berhijrah. Surah yang PERTAMA turun dengan kandungannya yang melengkapi satu surah.
2. Al-Fatihah terdiri dari 142 huruf (1+4+2=7). Dan Al-Fatihah terbina dari 21 (3X7) huruf-huruf yang berbeza-beza. Ada 7 huruf yang tiada dalam surah ini iaitu:fa , jim, shin, tha,   thaw, kha  dan zay.
3. Ayat ke 4 adalah ayat yang ditengah-tengah pada surah ini, jumlah nilai huruf pada ayat ini adalah 241 @ 2+4+1=7.
4. Ayat akhir iaitu ayat 7 memiliki jumlah nilai huruf 6010 @ 6+0+1+0=7.
5. Huruf Zay yang memiliki nilai huruf 7 tidak muncul dalam surah ini.
6. Huruf Dzal yang memiliki nilai huruf 700 muncul sebagai huruf ke 7 dalam ayat yang ke 7.
7. Huruf Aliff adalah huruf yang paling banyak muncul dalam surah ini iaitu  25 (2+5=7) kali.
8. Surah ini dimulai dengan huruf BA (nilai huruf 2) pada ayat 1dan diakhiri dengan huruf NUN (nilai huruf 50) pada ayat 7. Maka 2+50=52 @ 7.
9. Al-Fatihah merupakan Surah Pertama di dalam Al-Quran (Pembuka Kitab). ‘Bismillahirrahmanirrahim’ merupakan ayat 1 dan terbina dengan susunan 19 huruf (1+9=10 = 1 @ ayat pertama).
10. Jumlah keseluruhan huruf ada 142 manakala jumlah nilainya adalah 10146, jika dihitung kesemuanya 1+4+2+1+0+1+4+6=19 @ 1 -Surah Pertama.
11. Selain ayat 1, pada ayat 5 & 6 bilangan huruf pada ayat-ayat tersebut juga adalah 19huruf.
12. Jumlah nilai huruf keseluruhan surah BOLEH dibahagi dengan 19 iaitu 10146÷19=534 @ 5+3+4=12 = 3.
13. Ayat 1 dalam surah ini memiliki jumlah nilai huruf 786 @ 7+8+6=21= 3.
14. Jumlah nilai huruf keseluruhan surah adalah 10146 @ 1+0+1+4+6=12=3.
15. Ayat yang ke 3 terdiri daripada 12 huruf @ 1+2=3.
16. Huruf JIM yang memiliki nilai huruf 3 dan huruf SYIIN yang memiliki nilai huruf 300 tidak muncul dalam surah ini.
17. Huruf LAM yang memiliki nilai huruf 30 muncul 22 kali dalam surah ini. Maka 30 X 22 = 660 @ 6+6+0=12 = 3.
18. Nama “Al-Fatihah” terdiri dari huruf Aliff, Lam, Fa, Aliff, Ta, Haa dan HA memiliki nilai huruf 1+30+80+1+400+8+5=525 @ 5+2+5=12 = 3.
19. Terdapat 3 fasa penceritaan dalam Surah ini yang memiliki 7 ayat. 3 ayat pertamauntuk Allah, 3 ayat akhir untuk manusia dan 1 ayat (yang di tengah) untuk Allah dan manusia.  Ini dinyatakan dalam sebuah hadis Qudsi riwayat AlTabrani yang bermaksud:
“Wahai Bani Adam!…Aku telah menurunkan kepada kamu 7 ayat. 3 daripadanya untuk-KU. 3 lagi untukmu. Sedangkan 1 untuk kita bersama.

Surah Al-Fatihah Ayat 1-7

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Artinya:

1. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
2. Se-gala puji bagi Allah, Rabb semesta alam,
3. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,
4. Pemilik hari pembalasan (1).
5. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mo-hon pertolongan
6. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (2)
7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan
(jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. (3)

Catatan Kaki:

(1) Yaumiddīn(hari pembalasan), hari waktu manusia menerima pembalasan amalnya, baik atau buruk. Disebut juga yaumul qiyāmah, yaumul hisāb dan sebagainya.
(2) Jalan yang lurus, yaitu jalan hidup yang benar, yang dapat membuat bahagia di dunia dan akhirat.
(3) Mereka yang dimurkai adalah mereka yang sengaja menentang ajaran Islam. Mereka yang sesat adalah mereka yang sengaja mengambil jalan selain ajaran Islam.

Tadabbur Ayat:

Surah ini dinamakan dengan Al-Fatihah karena pembuka dari Al-Qu’ran yang terdiri dari 114 surah. Selain dari Al-Fatihah, surah ini juga dinamakan dengan Ummul Kitab, yakni Induk Kitab. Penamaan tersebut mengandung arti yang sangat dalam, karena dalam surah ini tercantum pokok-pokok ajaran Islam, yakni:

1) Akidah tauhid atau keimanan, dan;
2) Syari’ah (sistem hidup) Islam. Tauhid berarti mengesakan Allah dalam tiga hal pokok :
a) Rububiyyah. Maksudnya ialah mengesakan Allah pada penciptaan dan perbuatan-Nya, seperti yang tercantum pada ayat 2.
b) Uluhiyyah atau disebut juga dengan ubudiyyah. Maksudnya, ialah mengesakan Allah dalam ibadah dan sistem hidup, seperti yang tercantum pada ayat 5.
c) Al-Asma’ dan As-Sifat. Maksudnya mentauhidkan Allah pada nama-nama dan sifat-sifat-Nya, seperti yang tercantum pada ayat 1, 2, 3 dan 4. Nama dan sifat Allah harus sesuai dengan apa yang dikabarkan-Nya dalam Al-Qur’an dan dikabarkan oleh Rasul shalallahu ‘alaihi wa salam.

Terkait dengan Syari’ah (sistem) Islam penekanannya terdapat pada ayat 6 dan 7, yang berarti Islam adalah satu-satunya sistem hidup yang lurus yang akan menyampaikan manusia kepada keridhaan Allah di dunia dan akhirat. Keridhaan Allah di dunia berupa keberkahan hidup dan kemudahan ber-ibadah kepada-Nya. Keridhaan di akhirat berupa surga yang mengalir di bawahnya berbagai macam sungai dan berbagai fasilitas yang tidak tergambarkan kuantitasnya, kualitasnya dan keindahannya oleh pikiran manusia.

Bismillah Hirrahman Nirrahim..

Wahai Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, sungguh kami memohon kepada-Mu, seindah-indah persoalan, sebaik-baik doa, seindah amal ibadah, sebesar-besar pahala, sebagus kehidupan dan sebaik-baik kematian. Tetapkanlah kami dalam kebenaran dan beratkan lah amal baik kami. Teguhkanlah iman kami, tingkatkan peran kelayakan kami dihadapan-Mu, terimalah shalat kami dan ampunilah dosa kami. Kami pun memohon pada-Mu kedudukan yang layak di dalam surga-Mu kelak. Amiiin ya Allah.

Ya Allah, ya Tuhan kami, tolonglah kami untuk selalu mengingat-Mu dan mensyukuri rahmat dan nikmat-Mu, dan perbaikilah amal ibadah kepada-Mu, ya Allah, ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang sukses lahir dan batin, selamatkanlah kami di dunia dan akhirat, mudahkanlah urusan kami, tambahkanlah ilmu pengetahuan kami, limpahkanlah rizki yg berkah dan halal, serta curahkanlah Rahmat dan Hidayah-Mu kepada keluarga besar kami, para guru-guru kami, dan sahabat2 kami sesama Muslim dan Mukmin. Sesungguhnya Engkau lah yg Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan karuniakanlah kami semua kebahagiaan dunia dan akhirat, dan hindarkanlah kami dari api Neraka, dari siksa Kubur, dari bencana Mati dan Hidup dan dari bencana "Masihid Dajjal". Amiin.. Amiin Ya Robbal Alamin.

 

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh