Mengecewakan, Tidak Ada Cabang Catur di SEA Games 2015 Singapura!

Mengecewakan, Tidak Ada Cabang Catur di SEA Games 2015 Singapura!

Nawa607
Nawa607
May 26, 2015, 7:16 AM |
5

Pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara (SEA Games) Singapura 2015 tinggal menghitung hari. Namun, publik catur tanah air pada khususnya dan publik catur di kawas ASEAN pada umumnya patut prihatin karena catur tidak masuk dalam cabang olahraga yang akan dipertandingkan mulai tanggal 5 s.d. 16 Juni 2015.

 

Sebagai tuan rumah, Singapura memang berhak untuk menentukan cabang olahraga apa yang akan dipertandingkan, dan mereka memandang catur bukan cabang olahraga prioritas yang berpotensi meraih medali. Meskipun beberapa negara ASEAN seperti Indonesia dan Malaysia gesit melobi Singapura untuk memasukkan catur ke dalam daftar cabang yang dipertandingkan, tuan rumah tetap pada keputusannya untuk tidak memasukkan catur ke dalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan.


Sebagai informasi, catur pertama kali diperkenalkan sebagai cabang eksibisi (tanpa memperebutkan medali) pada SEA Games 2001 di Malaysia. Selanjutnya, pada SEA Games 2003 di Vietnam dan SEA Games 2005 di Philippines catur dimasukkan sebagai cabang resmi yang memperebutkan medali. Namun demikian, kenyataan pahit harus dialami cabang ini pada SEA Games 2007 di Thailand dan SEA Games 2009 di Laos di mana cabang catur tidak dipertandingkan. Nasib baik kembali dialami cabang ini pada SEA Games 2011 di Indonesia dan SEA Games 2013 di Myanmar di mana cabang catur kembali dipertandingkan. Pada SEA Games 2011 di Indonesia cabang catur mempertandingkan 9 nomor pertandingan sedangkan pada SEA Games 2013 catur mempertandingkan 18 nomor pertandingan, luar biasa!

 

Dalam tradisi penyelenggaraan SEA Games tuan rumah memang selalu diberi hak penuh untuk mengusulkan cabang olah raga dan nomor pertandingan yang akan dipertandingan. Setiap tuan rumah tentu saja akan berupaya untuk mempertandingkan cabang-cabang olahraga yang populer di negerinya dan berpeluang untuk meraih medali. Dalam hal ini, sepertinya Singapura tidak melihat catur sebagai cabang olahraga prioritas yang berpotensi untuk mempersembahkan medali bagi mereka, sehingga mereka tidak memasukkan catur ke dalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan.


Sebagaimana diketahui, Tim Catur Indonesia mengukir prestasi spektakuler pada SEA Games 2013 di Myanmar dengan raihan 5 Medali Emas, 4 Medali Perak, dan 7 Medali Perunggu. Tampaknya di SEA Games 2015 Singapura kali ini mereka harus menghela nafas dan menahan gairah bertanding mereka dengan hanya menjadi penonton untuk cabang-cabang pertandingan lain. Semoga hasrat dan gairah bertanding tersebut bisa segera tersalurkan pada kegiatan-kegiatan besar lainnya di masa yang akan datang.


Salam catur selalu, Gens Una Sumus...!!!