x
Chess - Play & Learn

Chess.com

FREE - In Google Play

FREE - in Win Phone Store

VIEW

Kaidah Grup dan Tim

Pujakelana
Feb 23, 2012, 11:38 AM 1

Apa Grup dan Tim? Apa bedanya?

 

Grup dan Tim Chess.com memungkinkan anggota untuk membentuk kelompok terpisah meliputi minat, hobi, bangsa, persahabatan, dll. Pada setiap grup terdapat forum, berita, peristiwa, dan foto. Tim adalah kelompok yang bermain catur (sebagai tim) - Tim Tanding (Team Matches) dan/atau Vote Chess.

Grup dan Tim dapat bersifat umum atau pribadi. Siapa pun dapat bergabung dalam grup umum. Untuk bergabung dengan grup pribadi Anda harus disetujui oleh administrator grup.

 

 

Bagaimana cara bergabung dengan grup?

 

Untuk melihat grup yang tersedia pada Chess.com Anda dapat klik di sini. Saat membuka halaman sebuah grup, Anda dapat klik “Join Group” di bawah “Group Actions” pada menu sebelah kanan.

Selain itu Anda dapat diundang untuk bergabung dengan grup, dalam hal ini Anda akan menerima undangan.

 

 

Bagaimana cara membuat grup?

 

Anda dapat membuat grup Anda sendiri dengan menggunakan link ini. atau dengan mengklik "Create a Group" pada menu sebelah kanan di setiap halaman grup yang Anda buka.

CATATAN: Anda harus menjadi anggota premium untuk membuat grup. Free member tidak dapat membuat grup.

 

 

Apa yang dapat dilakukan admin grup?

 

Admin Grup memiliki hak khusus yang tidak dimiliki anggota biasa, meliputi:

  • mengedit pengaturan dan info grup
  • menambahkan tema ke grup (latar belakang gambar dan warna)
  • membuat, menerima, memantau tim Vote Chess dan tim Tanding (team Match)
  • mengirim undangan grup
  • mengelola tingkat akses anggota grup (khusus untuk Super Admin)
  • menghapus forum dan komentarnya
  • mengirim pesan kepada semua anggota grup 

 

 

Bagaimana cara keluar dari grup?

 

Untuk keluar dari kelompok, Anda perlu mengunjungi halaman depan grup itu lalu klik tombol merah “Quit Group” di bawah “Group Menu”.

 

 

Apa Tim Tanding (Team Match)?

 

Team Match terbentuk ketika dua tim bertanding satu sama lain dengan beberapa pemain dari setiap grup memainkan game melawan satu sama lain. Setiap pemain yang terpilih untuk andil dalam pertandingan akan memainkan dua game melawan tim lain (satu game masing-masing dengan warna Putih dan Hitam). Pemain dipasangkan menurut nilai rating terhadap tim lawan. Skor hasil game disimpan dan pemenangnya adalah Tim dengan skor lebih tinggi pada akhir pertandingan.

 

Contoh:

Team 1

 

Team 2

Pemain 1 (2224)

2

View | view

0

Pemain 1 (2141)

Pemain 2 (1683)

2

View | view

0

Pemain 2 (1859)

Pemain 3 (1499)

2

View | view

0

Pemain 3 (1707)

Pemain 4 (1473)

2

View | view

0

Pemain 4 (1638)

Pemain 5 (1471)

2

View | view

0

Pemain 5 (1559)

Pemain 6 (1452)

2

View | view

0

Pemain 6 (1484)

Pemain 7 (1253)

2

View | view

0

Pemain 7 (180)

 

= 5.5

 

= 6.5

Winner!

 

 

 

Bagaimana cara bergabung dalam Team Match?

 

Ketika Team Match dimulai, semua anggota grup akan menerima pesan “New Team Match - Registration Open!”. Anda dapat mengklik CLICK HERE to view the match or REGISTER! untuk meninjaunya dan bergabung dalam Team Match. Atau, Anda buka halam depan grup Anda lalu klik “Team Matches” di bawah “Group Menu” maka Anda akan melihat daftar dari setiap Team Match yang aktif/tersedia. Jika ada pertandingan (Open Matches) yang tersedia maka Anda dapat mengklik “view” agar Anda dibawa ke halaman Team Match tertentu. Di situ Anda klik “JOIN MATCH! untuk bergabung dengan Team Match jika masih ada ruang yang tersedia untuk menambah lebih banyak pemain.

 

 

Bagaimana Team Match mencetak poin?

 

Skor kumulatif setiap tim akan ditambahkan dan dibandingkan untuk memutuskan siapa yang memenangkan pertandingan. Pemenang pertandingan tim mendapatkan poin berdasarkan berikut:

  • Menang           : 5 poin
  • Seri (Draw)     : 2 poin untuk setiap tim
  • Kalah              : 0 poin

Poin-poin tersebut kemudian dikalikan dengan jumlah total pemain dalam pertandingan tersebut untuk mendapatkan nilai total pertandingan. Poin pertandingan ini digunakan untuk menentukan status pada Team Match Leaderboard.

 

 

Saya bergabung dengan Team Match tetapi tidak terpilih untuk bermain - mengapa?

 

Team Match harus memiliki jumlah pemain genap untuk membuat pasangan (pairing). Selain itu, penyelenggara pertandingan dapat menetapkan jumlah pemain untuk setiap tim dalam sebuah pertandingan. Setelah jumlah pemain itu tercapai, pemain lain dapat bergabung, tapi mungkin tidak bisa bermain. Cara kerjanya, semua pemain dalam sebuah tim disusun terurut berdasarkan rating. Kemudian pemain top dipilih untuk bermain untuk setiap tim. Pemain yang tidak di peringkat teratas tidak bisa bermain.

 

Contoh:
Katakanlah ada 5 pemain
Team Match untuk setiap tim. Jika bergabung 7 pemain dalam Tim A, maka hanya 5 rating teratas yang diizinkan untuk bermain. Dua pemain lain yang lebih rendah ratingnya akan jatuh di bawah garis (meskipun mereka akan tetap sebagai alternatif hingga pertandingan dimulai, dalam kasus admin tim memutuskan untuk mengeluarkan seorang pemain atau salah satu pemain keluar).

 

 

Apakah Turnamen Tematik?

 

Turnamen tematik memerlukan semua game yang dimulai dari posisi yang telah ditentukan (misalnya, 3 langkah pertama Gambit Raja). Hal ini memungkinkan pemain untuk bermain game yang sama dan menguji satu sama lain dalam pembukaan tertentu. Turnamen Tematik ditandai dengan ikon khusus dan juga menunjukkan posisi awal game.

 

 

Apakah Tim Vote Chess?

 

Tim Vote Chess tidak berbeda dengan Vote Chess biasa. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang aturan dan cara bermainnya, silakan klik di sini.

 

 

Bagaimana cara bergabung dengan permainan Tim Vote Catur?

 

Ketika game Tim Vote Chess baru dimulai, seluruh anggota grup akan mendapatkan pesan “New Team Vote Chess Game Started!”. Anda dapat mengklik CLICK HERE to go to the game! untuk meninjau dan bergabung dalam game tersebut. Atau, Anda dapat membuka halaman depan grup Anda lalu di bawah “Group Menu” klik “Vote Chess” maka Anda akan melihat daftar dari game Vote Chess yang tersedia untuk grup Anda. Setelah itu Anda dapat klik pada nama game Vote Chess maka Anda akan dibawa ke game Vote Chess grup Anda melawan grup lain. Anda dapat berpartisipasi (bergabung) dalam game tersebut dengan mengklik nama grup Anda di bawah “Join Vote Chess Game:”. Selanjutnya Anda melakukan langkah sesuai dengan kesepakatan dalam Tim Vote Chess grup Anda lalu klik Submit Vote.

 

 

Bagaimana game Tim Vote Chess mencetak poin?

 

GameTim Vote Chess dinilai sebagai berikut:

  • Menang           = 5 poin
  • Seri (Draw)    = 2 poin untuk setiap tim
  • Kalah              = 0 poin

Poin-poin tersebut kemudian digunakan untuk menentukan peringkat tim pada Team Vote Chess Leaderboard!

 

 

Online Now