Kaidah Live Chess #2

Pujakelana
Pujakelana
Feb 18, 2012, 12:52 AM |
3

Apa premoves dan bagaimana cara kerjanya?

 

Premoves adalah langkah yang dapat Anda lakukan sebelum giliran Anda - sementara lawan masih berpikir!

Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin rokade (castling) pada langkah berikutnya tidak peduli apa langkah yang dimainkan oleh lawan. Lalu mengapa menunggu? Anda dapat melakukan langkah rokade pada giliran lawan dan akan dimainkan segera1 setelah langkah2 lawan dimainkan.

1hampir seketika - premoves yang dilakukan dapat mengakibatkan prolehan 0,1 detik waktu tersisa.

2hampir langkah apapun - jika langkah lawan membuat premove Anda batal (misalnya Raja Anda diskak pada contoh rokade di atas), maka Anda akan harus memikirkan sesuatu yang lain!

 

Berapa banyak premoves yang dapat saya buat berikutnya?

 

Anda dapat membuat hingga lima premoves pada giliran lawan. Premoves-premoves itu akan dimainkan secara terurut sesuai dengan yang Anda buat, dengan tunduk pada batasan yang sudah dijelaskan di atas.

Misalnya, jika Anda memegang Hitam, pada awal permainan Anda membuat premove g6, Bg7, b6. Sistem secara otomatis akan memainkan 1.... g6 2.... Bg7 3.... b6 segera setelah Putih memainkan tiga langkah pertamanya - selama Putih tidak membuat Raja Anda diskak dalam tiga langkah tersebut (sehingga premove berikutnya akan ditolak dan Anda harus berurusan dengan ancaman terhadap Raja Anda).

 

Bagaimana cara mengaktifkan pilihan premove?

 

Anda dapat mengaktifkan pilihan premove dengan membuka halaman pengaturan Live Chess dan mencentang kotak "Enable premove" (setelah itu tekan tombol "Save Preferences").

 

 

Bagaimana saya mengklaim hasil seri/remis?

 

Dalam Live Chess, tombol "Draw" umumnya digunakan untuk menawarkan lawan imbang, yang dapat diterima atau ditolak. Namun, dalam contoh Tiga kali Pengulangan langkah (Three-fold Repetition), Anda dapat menggunakan tombol "Draw" untuk mengklaim hasil seri, tanpa lawan memiliki pilihan untuk menolak.

 

Setelah suatu posisi diulang tiga kali, lakukan langkah Anda lalu klik tombol "Draw", maka secara otomatis akan mengakhiri permainan dengan hasil seri.

 

Dalam catur online atau turn-based, bila suatu posisi diulang tiga kali, lakukan langkah Anda. Pada layar untuk game itu, tepat di bawah kotak notasi ada teks untuk Anda klik, yaitu "offer draw". Klik itu untuk mengklaim hasil seri. Metode ini juga berlaku untuk aturan 50-langkah, yang menyatakan bahwa permainan berakhir seri jika dalam 50 langkah yang dimainkan tidak terjadi tangkapan dan tidak ada langkah pion.

 

Akhirnya, perhatikan bahwa dalam kasus di mana lawan tidak memiliki cukup materi untuk me-mat-kan (yaitu: Raja tunggal, Raja + Kuda, Raja + Gajah, Raja + 2 Kuda) maka secara otomatis akan dinyatakan berakhir seri.

Blogs