Wanita Tangguh, Alexandra Kosteniuk

Wanita Tangguh, Alexandra Kosteniuk

Pujakelana
Pujakelana
Aug 28, 2011, 4:53 AM |
1

Bintang catur dan incaran para fotografer fashion, Alexandra Kosteniuk telah memadukan kecantikannya dengan gairahnya pada catur.

"Kecantikan dan kecerdasan dapat berjalan bersama-sama", demikian mottonya.

Alexandra Kosteniuk lahir pada 23 April 1984 di sebuah tempat bernama Perm di Rusia. Dia adalah seorang anak berusia 5 tahun ketika ayahnya memperkenalkannya kepada catur. Konstantin Vladimirovich Kosteniuk, ayahnya, ingin putrinya untuk mandiri dan mengambil catur sebagai minat utamanya. Alexandra Kosteniuk memenangi gelar Grandmaster Wanita pada usia 14 dan Master Internasional pada usia 16. Prestasinya menjulang dalam banyak kejuaraan global dan regional dan turnamen-turnamen. Dia menjadi Grandmaster pada usia 20. Kemenangannya di Kejuaraan Eropa U10, yang diselenggarakan di Herculane pada tahun 1994, Kejuaraan Eropa Wanita U12 yang diadakan di Rimavaska Sobota pada tahun 1996, dan Kejuaraan Dunia Wanita U12 yang diselenggarakan di Minorca tahun 1996, telah menempatkan dirinya di antara para pemain catur yang terbaik dan terkenal di seluruh dunia. Dia menjadi Juara Dunia di tahun 2008.

Selain menjadi bintang catur, dunia juga tahu Alexandra Kosteniuk sebagai model Rusia yang cantik dan glamor yang tidak pernah gagal untuk merayu kamera. Dia juga telah berperan dalam sebuah film Rusia. Dia juga terlibat dalam kegiatan promosi untuk berbagai produk dan merek. Majalah fashion, peran model, dan acara hiburan lainnya di Rusia dan di seantero dunia, kini tak lengkap tanpa Alexandra Kosteniuk. Dia adalah produser untuk podcast catur populer dan mengelola situs catur (situs pertama, situs terbaru). Dia menulis puisi, menikmati semua jenis dan bentuk olahraga, dan juga suka menonton film. Bukunya How I became Grandmaster at age 14, karya pertamanya, telah diterbitkan dalam tiga bahasa, masing-masing Rusia, Spanyol, dan Inggris.

Alexandra Kosteniuk menikah dengan Diego Garces. Dia melahirkan seorang puteri pada tahun 2007 yang dinamainya Francesca Maria. Pasangan ini tinggal di Biscayne Key di Florida, Amerika Serikat.

Saat ini (per Juli 2011) Alexandra Kosteniuk berada pada peringkat ke-17 dalam daftar Top 100 Women yang dirilis oleh FIDE dengan Elo rating 2497.

Adapun beberapa game Alexandra Kosteniuk (dalam bentuk PGN) dari tahun 1994 s.d. 18 Mei 2011 dapat Anda unduh di sini.

Blogs