Istri-Istri Ku Tercinta

airhami
airhami
Jan 21, 2014, 4:42 PM |
18

27 Maret 2011 kali pertama saya membuat akun di chess.com (cc). Awalnya sekadar iseng cari-cari web catur yang memiliki fitur "live" agar dapat menyalurkan hobi main catur via internet. Wara-wiri ternyata ada beberapa web catur yang menyediakan fitur "live". Namun akhirnya jatuh cinta pada cc.

Dahulu setiap membuka cc hanya main "live", tanpa mengeksplorasi fitur lainnya yang tersedia. Tidak lama bergabung dengan cc ternyata dapat pesan yang berisi undangan untuk bergabung dengan "Group" (Grup Internasional, yang saya lupa namanya karena sekarang sudah banyak keluar dari group-group luar).

Di Grup ternyata diminta untuk bergabung memperkuat Grup tersebut untuk tanding online atau catur koresponden dengan grup lain. Klik klik klik, akhirnya ikutan main catur koresponden. Awalnya saya tidak begitu tertarik bermain catur koresponden, karena waktu bermainnya yang tidak bisa memaksakan jika main hari ini maka dalam beberapa menit langsung bisa selesai. Namun ketika sering mencoba untuk bermain catur koresponden, ternyata banyak manfaatnya yakni jadi lebih mudah menghafal teori.

Di grup ada juga fitur "Vote Chess", nah ini yang dahulu saya sangat suka, karena ada diskusi sesama anggota group untuk menganalisa bersama.

Selain itu di grup juga terdapat fitur "Notes", "Forum" dan seterusnya. Saya mulai mencoba aktif di grup, mengenal teman-teman disatu grup, saling sapa, atau ikut ngoceh di forum. Tidak lama kemudian diangkat sebagai "admin" disalah satu Grup asal Indonesia. Lalu kembali menjadi "admin" atau bahkan "super admin" di grup lainnya, dan seterusnya. Pekerjaan "Super Admin (SA)" atau "Admin" di sebuah grup antara lain adalah menjaring anggota, membuat atau menerima tantangan catur koresponden, "vote chess", menjadikan grup lebih aktif, dan lain-lain.

Keaktifan suatu grup memang tergantung dari SA atau Admin di grup tersebut. Seperti dapat membuat anggota-anggotanya berkesan serta turut aktif, sehingga tercipta komunikasi dua arah yang asik.

Kalau saya, mungkin hanya saat dahulu kala ketika masih di zaman Majapahit saya aktif, itupun tak sebanding dengan keaktifan teman SA atau admin lainnya. Namun saat ini lebih sering pasifnya dikarenakan kegiatan "offline" mengukur jalanan yang menyita waktu sehingga jarang untuk "online" meramaikan grup sebagaimana yang ideal.

Ditambah saat ini saya menjadi SA atau Admin lebih dari satu grup. Hmmm untuk satu grup saja kadang tidak terurus, apalagi lebih dari satu. Untung lah SA dan admin lainnya masih banyak yang aktif.

Jika ditelusuri baik SA, Admin atau para anggota-anggotanya di grup 1 dan grup yang lainnya, mungkin sekitar 60 - 70 % di grup-grup tersbut berisi orang-orang yang berasal dari kawasan "LGLG" (Lu Lagi Lu Lagi). Pernah saya iseng untuk membuat tantangan baik catur koresponden atau vote chess, di grup-grup yang saya bawahi sebagai SA atau Admin, hehehe ternyata tidak bisa karena saya sebagai SA atau Admin dikedua grup tersebut.

Memang menjadi SA atau Admin lebih dari 1 grup membuat daya terbagi untuk mengakali bagaimana caranya aktif dan bisa adil disemua grup yang dipimpin. Akhirnya kadang online cuma sekadar mampir untuk sekadar melihat ada yang ramai atau tidak di grup?. Jika tidak ada yang ramai, mampir ke grup yang lain dan seterusnya.

Saya mengibaratkan bahwa Grup yang saya pimpin atau dimana saya menjadi SA atau Adminnya adalah Istri saya. Semakin banyak saya menjadi SA atau Admin grup maka semakin banyak saya memiliki istri. Untungnya "istri-istri" saya ini hanya merupakan sebuah grup catur online. Yang mana tidak ada yang protes dan ngamuk-ngamuk sambil banting pintu ketika saya sambangi karena dianggap tidak berlaku adil.

Ternyata memang benar jika kita mau memiliki istri lebih dari satu (poligami), syarat untuk dapat berlaku adilnya sangat susah bisa dipenuhi oleh laki-laki. Lho koq jadi melebar membicarakan poligami?.

Sudah-sudah, jangan membicarakan Poligami karena dapat menyebabkan makruh. Akan tetapi dapat menjadi sunnah jika dilakukan.