Temanku dan Temanmu

airhami
airhami
Nov 7, 2014, 12:01 PM |
6

Interaksi member cc asal Indonesia rata-rata dapat dibilang cukup baik satu sama lain, khususnya member-member yang bergabung & cukup aktif di group-group "Indonesia". Mungkin hal tersebut dapat dilihat dengan bahwa hampir semua anggota group "A" juga menjadi anggota di group "B", dan seterusnya.

Selain itu juga daftar pertemanan yang saling terhubung. Misalnya saya adalah A berteman dengan B, C & D. Sementara D berteman dengan E, F & G. Lalu G berteman H, I & J. Dan seterusnya hingga pada akhirnya Z berteman dengan A.

Walaupun tidak semua member melakukan pertemanan satu sama lain, akan tetapi semua terhubung bagai sebuah lingkaran yang berawal dari sebuah titik dan akan kembali ketitik awal.

Interaksi di dunia maya para pecatur memang sangat bernuansa. Biasanya hal yang paling konvensional dilakukan adalah dari sekadar pertemanan "online", lalu berlanjut ke pertemanan "offline" dengan melakukan pertemuan atau kopi darat (kopdar) karena ingin saling mengenal dan bermain catur secara langsung.

Namun kebiasaan yang dilakukan di dunia maya juga tidak mengindahkan sifat dasar manusia di dunia nyata, seperti ketertarikan melihat member yang "jenis kelaminnya berbeda" dan dianggap menarik. Kalau hal tersebut maka biasanya pula banyak dari kita yang ingin berinteraksi secara intens atau sekadar mengutarakan rayuan-rayuan gombal dengan harapan mendapat respon dari si lawan jenis. Dengan harapan, moga-moga si lawan jenis akhirnya pikirannya tersesat dan tertarik dengan kita yang melakukan jurus PDKT picisan.

Namun banyak juga member yang menyembunyikan identitas, seperti masih bujangan tetapi mengaku telah berkeluarga, Rambutnya panjang tapi ngakunya botak, dan lain-lain.

Bagi saya hal yang demikian sah-sah saja di dunia maya, selama apa yang dilakukan tidak bertentangan dengan nilai-nilai dan atau regulasi yang berlaku. Anda ingin mengaku memiliki kelamin ganda, padahal nyatanya tak berkelamin pun, ya silahkan saja.

Namun yang pasti, dengan menggunakan statistik saya yang memang dijamin tidak obyektif dan penilaian seenak udele dewek. Dengan adanya komunitas pegiat hobi yang sama khususnya komunitas catur online di CC, lebih banyak manfaatnya dibanding mudharatnya.

Sebagai contoh, dengan seringnya komunikasi antar anggota, saya yang awalnya awam catur jadi mengerti kenapa pion tidak dapat melangkah mundur. Dan yang paling penting adalah dapat menambah simpul-simpul silaturahmi karena berawalkan kesamaan hobi. Karena silaturahmi lah yang membuat umur hidup terasa panjang. Walaupun kadang teman-teman baru banyak yang menggemaskan (bawaannya mau ngejitakin aja klo ngeliat dia Laughing). 

Tetapi apapun karakter teman-teman baru kita itulah juga yang mengisi dan membuat hidup kita semakin berwarna.

Bagaimana dengan teman-teman yang lain?