x
Chess - Play & Learn

Chess.com

FREE - In Google Play

FREE - in Win Phone Store

VIEW

Extrimis Yahudi bakar Rumah warga Palestina

tesasembiring
Nov 25, 2014, 12:31 AM 0

Orang-orang yg di duga dari kelompok ekstrimis Yahudi melemparkan bom molotov ke sebuah rumah di pemukiman Palestina,di wilayah tepi barat, Minggu (23/11) pagi. Empat wanita di dalamnya selamat,tetapi separuh rumah terbakar.

"Pada pukul 04.00,para pemukim datang dan melemparkan bom molotov ke rumah itu,separuh rumah terbakar," kata Masut Abu Mura,walikota khirbet Abu falah,timur laut Ramallah,tepi barat, minggu pagi.

Mohammed Abdul Karim Hamayel yg bibi dan dua sepupunya tinggal di rumah itu mengatakan para penyerang berasal dari pemukiman Yahudi di Shilo (Kanaan) beberapa kilometer di utara kampung. "Tengah malam bibi terbangun karena mendengar suara-suara berbahasa Ibrani. Seseorang mengetuk pintu tetapi tidak menjawab karena takut," kata Hamayel mengutip bibinya.

Para penyerang lalu melemparkan tabung gas air mata dan beberapa bom molotov di balkon yg terbakar di lantai dua polisi Israel,yg bertanggung jawab atas semua insiden menyangkut pemukiman di tepi barat, membenarkan kejadian itu. Tim penyelidik telah menuju lokasi kejadian.

Pada 12 November lalu satu rumah ibadah di desa tetangga Al Mughayir dibakar ekstrimis Yahudi.

Serangan yg dilakukan ekstrimis Yahudi awalnya dimulai sebagai reaksi terhadap tindakan yg menentang pembangunan pemukiman Yahudi. Namun lamakelaman tindakan kekerasan yg dilakukan kaum ekstrimis Yahudi meningkat menjadi ekspresi kebencian utk hal yg lebih luas dan sering untuk merespon aksi kekerasan yg dilakukan warga Palestina. Pekan lalu misalnya dua warga Palestina yg dilukiskan sebagai teroris oleh Israel menyerang Sinagoga di Jerusalem. Empat rabi dan seorang polisi yg datang utk membantu korban dalam serangan tersebut tewas.

Sementara itu tentara Israel menembak mati seorang penduduk Gaza yang menjadi korban pertama penduduk Gaza setelah perang 50 hari selesai.

Tesa Sembiring dr Jakarta

Online Now