x
Chess - Play & Learn

Chess.com

FREE - In Google Play

FREE - in Win Phone Store

VIEW

Jerusalem Memanas

tesasembiring
Nov 23, 2014, 6:32 PM 0

 Ketegangan di Jerusalem terus memanas dan mengalami eskalasi. Situasi memanas setelah lima warga Israel tewas dan enam orang lainnya luka-luka akibat serangan yg dilancarkan warga Palestina di sinagoga, rumah ibadah Yahudi, di Jerusalem barat, selasa 18/11.

Aparat keamanan Israel pun langsung menutup areal kejadian. Mereka menyisir semua titik di sekitar lokasi untuk mencari kemungkinan ada warga Palestina lain yg membantu serangan di sinagoga.

Aparat keamanan Israel juga memburu dua warga Palestina yg di duga sebagai pelaku serangan tersebut. Lewat baku tembak selama beberapa waktu,aparat keamanan Israel menewaskan kedua tersangka.

Menurut televisi Alzazeera kedua warga Palestina ini menyatroni sinagoga yg dipadati warga Yahudi yg sedang beribadah. Mereka menyerang siapa saj di dalamnya dengan pisau,kapak dan pistol.

Penuh darah

Saksi mata Sarah Abraham menceritakan orang-orang berlarian dari dlm sinagoga. "seorang pria duduk degan tubuh penuh darah,"ujarnya.

Walikota Jerusalem Nir Bakat mengaku kaget dengan peristiwa itu."membantai orang yg tidak berdosa saat mereka sembahyang benar-benar gila," katanya.

PM Benyamin Netanyahu mengecam presiden Palestina Mahmoud Abbas. Dia menuduh kasus itu merupakan dampak dari hasutan Abu Mazen,julukan dari Abbas. " Kami akan membalas dengan keras pembunuhan brutal orang Yahudi yg datang berdoa tetapi malah mengalami pembunuhan terkutuk," ujar Netanyahu.

Mentri Pertahanan Israel Moshe Yaalon berjanji memburu aktor yg mengirim para pelaku pembunuhan tersebut. Dimanapun mereka berada di dalam Israel ataupun di luar Israel akan dikejar pemerintah Israel.

Mentri Keamanan Publik Israel Yitzhak Aharonovitch merencanakan mempermudah penggunaan senjata demi keperluan membela diri.

Menlu AS, mengecam serangan tersebut " aksi teror dan kebrutalan yg tidak masuk akal", saya meminta pemimpin Palestina mengecam serangan tersebut dan kami bverduka bersama warga Israel atas kekejaman tersebut" John Kerry. Presiden Abbas memperlihatkan ketidak setujuannya ats kekerasan di sinagoga. Lewat pernyataan kepada media, kantor presiden mengecam pembunuhan atas warga Yahudi.

Di pihak lain Hamas dan jihad Islam memuji serangan tersebut. Serangan itu reaksi atas kematian Sopir bus palestina Yusuf al-Ramouni.

Sopir dari Jerusalem timur ini ditemukan tewas di dalam busnya,minggu malam. Polisi Israel menyebut tindakan bunuh diri. Kemstisn Ramouni yg oleh warga Palestina di duga dibunuh ekstrimis Yahudi, membuat kelompok-kelompok perlawanan di Palestina menyerukan aksi balas dendam.

Kekerasan itu merembet ke tepi barat. Bentrokan antara aparat keamanan dan pemuda Palestia terjadi dekat Ramallah. Tesa Sembiring di Jakarta.

Online Now