x
Chess - Play & Learn

Chess.com

FREE - In Google Play

FREE - in Win Phone Store

VIEW

PBB tak mengakui negara Palestina

tesasembiring
Jan 13, 2015, 5:36 PM 0

Pada 30 Desember PBB tak mengadopsi resolusi berdirinya negara Palestina, Palestina menjadi sakit hati dan sebagai gantinya mereka bergabung dengan Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) untuk menginvestasikan kejahatan yg di duga berlangsung pada perang Gaza, Juli-Agustus 2014. ICC berhak menyelidiki dugaan pelanggaran perang sejak 13 Juni 2014, awal agresi militer Israel ke jalur Gaza, katanya.

"Pada tanggal 1 januari 2015, Panitera Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) Herman Von Hebel menerima dokumen yang diajukan, sesuai artikel 12 (3) Statuta Roma ICC, oleh Palestina yang menyatakan penerimaan Palestina atas yurisdiksi ICC sejak 13 Juni 2014, tulis ICC dalam rilis situsnya, Senin (5/1).

Meskipun demikian, ICC menyebutkan hal itu tidak berarti mereka akan otomatis menggelar investigasi dugaan kejahatan dalam perang Gaza tahun lalu.

Hampir 2.200 warga Palestina sebagian besar sipil dan 73 warga Israel tewas akibat perang tersebut. ICC bisa menyeret setiap individu yg di tuduh melakukan genosida kejahatan atas manusi dan kejahatan perang sejak 1 Juli 2002 saat statuta Roma nulai diberlakukan.

"Menerima yurisdiksi berbeda ICC berbeda dari langkah mengakui statua Roma, pakta pembentukan ICC," papar pembentukan ICC dalam pernyataan mereka.

" Sekjen PBB bertindak sebagai penjaga Statuta Roma. Pada tanggal 2 Januari 2015, Palestina menyerahkan dokumen-dokumen terkait pengakuannya pada Statuta Roma dan pakta-pakta lainnya kepada PBB".

PBB tengah meneliti dokumen-dokumen itu. Butuh 2-3 bulan bagi PBB senelum meresmikan Palestina sebagai negara ICC.

Respon Israel di tentang

Sebagai catatan Israel seperti halnya Amerika serikat (AS) TIDAK MENJADI ANGGOTA ICC. meski demikian begitu Palestina resmi menjadi anggota ICC, Israel tidak bisa lupu dari jangkauan yurisdiksi ICC.

Langkag Palestina bergabung dengan ICC dan 16 konvensi lainnya menjadi bagian dari pergeseran strategi untuk terus menginternasionalisasikan kampanye pendirian negara Palestina.

AS tidak bisa diharapkan sebagai mediator perundingan setelah proses perdamaiaan yg mereka sponsori kolaps. Langkah Palestina Ini membuat Israel membekukan pendapatan pajak Palestina 127 juta dollar AS (Rp 15 trilyun).

" saya tak akan membiarkan satu orang pun prajurit masuk ICC"-Benyamin Netanyahu.

Presiden Israel Rivlin juga menentang kebijaksanaan Perdana mentri Benyamin Netanyahu yg membekukan pendapatan pajak Palestina. "Membekukan pendapatan pajak mereka tak ada gunanya bagi Israel dan Palestina'"Kata Rivlin pidato di depan duta besar untuk Israel

Maksud Benyamin Netanyahu adalah untuk mengecilkan ruang gerak dari organisasi teroris dengan cara membekukan atau kita sendiri yang dibekukan.

Abraham Tesa Sembiring 14 Januari 2015 di Jakarta.

Online Now