"TECHNICAL MEETING" TURNAMEN UAFS CUP I 2013

"TECHNICAL MEETING" TURNAMEN UAFS CUP I 2013

Nawa607
Nawa607
Nov 3, 2013, 6:13 AM |
4

PERATURAN PERTANDINGAN

TURNAMEN CATUR TERBUKA UAFs CUP I 2013

  

I.    ATURAN PERMAINAN

A.   Sistem Swiss

1.    Pertandingan dilakukan dengan Sistem Swiss - 7 babak.

2.    Semua peserta akan memainkan tiap babak secara bersamaan.

3.    Pertandingan akan dilanjutkan ke babak berikutnya hanya jika semua pemain telah menyelesaikan games pada babak sebelumnya.

4.    Pairing (pemasangan pemain/siapa lawan siapa/siapa pegang buah putih dan siapa pegang buah hitam) untuk setiap babak akan dilakukan secara otomatis dengan menggunakan Software Swiss Manager 46.

5.    Untuk babak pertama, pairing didasarkan kepada rating pemain, sedangkan untuk babak selanjutnya didasarkan kepada hasil pertandingan pada babak sebelumnyadan semuanya akan dilakukan secara otomatis oleh komputer.

6.    Setelah selesai pertandingan tiap babak, wasit pairing akan mempublikasikan hasil pairing untuk babak selanjutnya di thread forum UAFs.

7.    Kerjasama yang baik dari para peserta untuk menyelesaikan tiap pertandingan tepat waktu akan menentukan sukses tidaknya penyelenggaraan Turnamen UAFs CUP I 2013 ini.

 

B.   Tata Cara Bermain

1.    Turnamen UAFs CUP I 2013 adalah turnamen manual (bukan turnamen Chess.com) di mana pasangan lawan yang satu harus melakukan tantangan (challengeOnline Chess kepada lawan yang lainnya.

2.    Untuk setiap babak, pemain dengan Buah Putih wajib melayangkan tantangan kepada pemain dengan Buah Hitam dalam tempo 1 x 24 Jam. Pemain yang tidak melakukan tantangan tersebut akan dinyatakan kalah WO.

3.    Dalam melayangkan tantangan, pemegang Buah Putih harus mencantumkan Nama Game: UAFs CUP I 2013 Babak .... (diisi dengan babak yang sesuai, misalnya Babak I, Babak II, dst.), dengan pengaturan waktu pikir (Days Per Turn): 1 (1 day/move).

4.    Untuk setiap babak, pemain dengan Buah Hitam wajib menerima tantangan dari pemain dengan Buah Putih dalam tempo 1x 24 Jam. Pemain yang tidak menerima tantangan tersebut akan dinyatakan kalah WO.

5.    Turnamen UAFs CUP I 2003 adalah turnamen non-vacation, dan apabila vacation salah satu lawan tiba-tiba aktif menjelang habis waktu, pemain lawannya bisa mengajukan klaim kemenangan kepada Dewan Hakim.

6.    Untuk setiap babak, pemain yang meraih kemenangan wajib segera melaporkan hasil pertandingan pada thread “Hasil Pertandingan Babak ...” di Forum UAFs. Jika pertandingan berakhir Remispemain dengan buah hitam wajib melaporkan hasil pertandingan di thread forum yang sama.

7.    Pertandingan tunduk kepada peraturan permainan FIDE dan aturan main yang berlaku di Chess.com.

 

C.   Prinsip Fair Play

1.    Seluruh peserta diwajibkan untuk menegakkan prinsip fair play, yaitu bermain dalam semangat sportifitas dan menghindari segala praktek kecurangan dan tindakan tidak terpuji lainnya.

2.    Bermain dengan bantuan komputer, engine, atau orang lain merupakan pelanggaran prinsip fair play yang sangat serius.

3.    Bermain dengan menggunakan akun ganda termasuk pelanggaran prinsip fair play.

4.    Mengulur-ulur waktu untuk melangkahkan buah tanpa alasan yang jelas (misalnya dalam posisi kalah total) termasuk tindakan tidak terpuji yang menyalahi prinsip fair play.

5.    Dewan Hakim bisa “menyatakan kekalahan”bagi seorang pemain yang terbukti melanggar prinsip fair play dan “memberikan kemenangan” kepada pihak lawan.

6.    Semua keluhan tentang potensi pelanggaran prinsip fair play harus dikomunikasikan langsung dengan Dewan Hakim, dan sebaiknya tidak dikemukakan secara terbuka. 

 

II.    PENENTUAN JUARA

A.   Victory Point (VP) Tertinggi.

B.   Head To Head

C.   Solkoff

D.   Sonneborn Berger (SB)

E.   Progressive Score (PS)

F.   Undian


III.  DEWAN HAKIM

A.   Dewan Hakim ditunjuk sebanyak 5 orang:

1.    Pujakelana

2.    RSuhud

3.    namatsub

4.    EB1985

5.    Buyuang_Manday

 

B.  Tujuan Dewan Hakim dibentuk adalah untuk menyelesaikan bila terjadi kasus pemain yang tidak menerima putusan wasit serta mengawasi bila terjadi kecurangan-kecurangan.   

 

IV.  JADWAL PERTANDINGAN

  • Selasa, tanggal 5 November 2013 Pukul 08.00 WIB
  • Setiap awal Babak berikutnya dimulai Pukul 08.00 WIB

V.    HADIAH

1.    Juara-I Premium Member DIamond untuk 1 bulan

2.    Juara-II Premium Member Paltinum untuk 1 bulan

3.    Juara-III Premium Member Gold untuk 1 bulan


VI.   LAIN-LAIN

1.  Kordinator Tim Pemantau : Endan12 & Ardiyono

2.  Kordinator Tim Penggembira : PUTRA_BORNEO77

 

Atas Nama Panitia,

Ketua Tim Wasit,

 T.t.d

Kamabarus 


(Sumber: Press Release Technical Meeting oleh TIM Wasit Turnamen UAFS CUP I 2013)


======================================


INFORMASI LAIN:

1. Pendaftaran Turnamen UAFs CUP I 2013

2. Tatacara Memberikan Tantangan Untuk Turnamen UAFs CUP I 2013

3. Pairing Babak I Turnamen UAFs CUP I 2013