x
Chess - Play & Learn

Chess.com

FREE - In Google Play

FREE - in Win Phone Store

VIEW
Siapa Sebenarnya MASTERNDUT (Kak_Ira)?

Siapa Sebenarnya MASTERNDUT (Kak_Ira)?

Nawa607
Jan 12, 2014, 5:33 PM 172

[Update: Beberapa pekan setelah blog ini dipublikasi, akun MASTERNDUT berganti nama menjadi Kak_Ira, dan pada tanggal 26 Maret 2014 akun Kak_Ira ini ditutup oleh Chess.com karena perilaku abusif yang bersangkutan. Pada tanggal 7 April 2014, akun Masterndut dengan orang yang sama kembali muncul di Chess.com. Pada tanggal 6 November 2014, akun Masterndut ini ditutup Chess.com karena tindakan yang mengganggu kenyamanan user lain (spamming dan flooding komentar). Saat ini yang bersangkutan aktif di Chess.com dengan beberapa akun lain di antaranya Masterndutback, sulaiman175, dan akun-akun bodong lainnya. Beberapa akun dia lainnya yang sudah ditutup adalah  Amir_Ihsan_Barus dan Ratu_Nurhasanah]


Dia adalah sosok wanita muda cantik nan ramah. Dia sangat perhatian kepada teman-temannya. Sesibuk apapun, dia selalu berusaha menyapa hangat orang-orang yang ada di daftar pertemanannya. Dia adalah sosok yang pandai bergaul, mudah akrab, dan tidak memilih-milih teman. Inilah citra yang tertanam kuat di benak sebagian anggota Chess.com yang berteman dan berinteraksi dengan pemilik akun yang menggunakan username MASTERNDUT.

Citra semacam itu tidaklah mengherankan mengingat selama menjadi anggota Chess.com akun bernama MASTERNDUT hampir selalu menampilkan foto profil seorang wanita anggun: 


Beberapa foto yang pernah dipasang sebagai foto profil akun MASTERNDUT di Chess.com 


Kehangatan dan keramahtamahan MASTERNDUT sangat jelas terpancar dari bagaimana dia berinteraksi dengan teman-temannya. Dia kerap memulai interaksinya dengan saapaan hangat sekedar bertanya kabar, lalu ngobrol hal-hal umum seputar pekerjaan dan keluarga, bahkan terkadang berakhir dengan pertukaran hal-hal pribadi seperti nomor telepon, pin BB, dan alamat kantor atau rumah. Simak percakan MASTERNDUT dengan salah satu temannya beberapa waktu lalu. Foto, nama, nomor telepon dan alamat sengaja disamarkan untuk menghormati privasi yang bersangkutan.

 

Dalam percakapan di atas (dibaca dari baris bawah ke atas) tampak MASTERNDUT berinisiatif memulai interaksi.

 

Seorang teman MASTERNDUT dengan sangat ramah melayani percakapan dan bahkan tak sungkan untuk berbagi informasi yang bersifat pribadi. Jika anda mencoba mengunjungi Notes akun MASTERNDUT anda akan langsung merasakan betapa intense-nya dia melakukan interaksi komunikasi yang akrab dan hangat dengan teman-temannya.


Pertanyaannya adalah siapakah sebenarnya MASTERNDUT ini? Apakah yang dia lakukan selama ini merupakan hal yang wajar dalam dunia siber dan tidak bertentangan dengan Netiquetteyaitu prinsip-prinsip yang mengatur interaksi sosial dalam jaringan internet yang meliputi media sosial, mailing list, blog, forum, dll., termasuk interaksi di Chess.com. Atas pertanyaan-pertanyaan ini saya berhipotesis bahwa pemilik akun MASTERNDUT besar kemungkinan telah melakukan apa yang disebut dengan impersonasi (impersonation), yang secara umum bisa diartikan berpura-pura menjadi orang lain dengan tujuan untuk mengelabui dan memperoleh keuntungan tertentu. 

Selama bergabung dengan Chess.com, akun MASTERNDUT tidak pernah menggunakan identitas yang konsisten. Berdasarkan informasi saat ini, akun tersebut menunjukkan bahwa pemiliknya adalah seorang wanita bernama Linda dan bergelar Woman International Master (WIM). Berdasarkan pengakuannya kepada salah seorang temannya, akun tersebut juga terkadang di akses oleh saudara laki-lakinya yang bernama Ed dan bergelar Grandmaster (GM) yang saat ini sedang bekerja di Rusia. Tidak mengherankan kalau di bawah username MASTERNDUT tertulis: GM Ed (My Brother) & (me) WIM. Lin. Simak pengakuan berikut di Notes salah seorang temannya bernama LadyMisil (baca dari baris bawah ke atas) ketika ditanya siapa dua nama yang tertulis di bawah username MASTERNDUT itu dan siapa yang lebih sering mengakses akun tersebut: 

Jika sedikit merunut ke belakang, identitas akun MASTERNDUT pernah berubah beberapa kali. Pada tanggal 18 April 2012, misalnya, di bawah username MASTERNDUT hanya tercantum nama Master NdutSaya tidak punya data nama apa yang dia pakai pada saat membuka akun pertama kali pada tanggal 27 Oktober 2011. Saya juga tidak punya data sejak kapan MASTERNDUT punya ide untuk melakukan dugaan impersonasi. Yang jelas, pada tanggal 5 April 2013 nama MASTERNDUT sudah berubah menjadi IM Ed & CM Lin, kemudian pada tanggal 1 Juni 2013 sudah berubah lagi menjadi IM Ed Lin. Berikutnya pada tanggal 1 Juli 2013 namanya sudah berubah lagi menjadi IM Ed & WIM Lin, sebelum akhirnya berubah menjadi GM Ed (My Brother) &(me) WIM Lin seperti tampak saat ini, namun saya tidak punya data sejak kapan MASTERNDUT mengubah namanya dengan nama yang terakhir ini.

 


Dengan perubahan nama ini sepertinya MASTERNDUT mencoba untuk membangun cerita tentang perkembangan raihan gelar catur FIDE dari International Master (IM) menjadi Grandmaster (GM) untuk saudaranya, Ed, dan dari Candidate Master (CM) menjadi Woman International Master (WIM) untuk Linda, yang diperankan oleh dirinya sendiri. Namun ketika salah seorang temennya yang bernama LadyMisil mencoba mengkritisi dengan pertanyaan: Apa yang kamu lakukan untuk meraih gelar WIM-mu dan turnamen serta norma apa yang sudah kamu menangi:

MASTERNDUT tidak pernah memberikan jawaban.

Sejauh ini saya sudah menyajikan data yang menggambarkan sosok MASTERNDUT sebagai seorang wanita yang anggun dan ramah, yang bergelar WIM dan memiliki saudara laki-laki yang bergelar GM. Lalu di mana impersonasi yang dilakukan MASTERNDUT? Pertanyaan ini akan otomatis terjawab ketika kita mengetahui siapa MASTERNDUT sebenarnya. 

Pada tanggal 4 Januari 2014 yang lalu, Klub Catur Saung pimpinan Andi Irhamiyang salah satu anggota pasukannya adalah MASTERNDUT, menggelar pertandingan persahabatan melawan Klub Catur Cidodol 06. Usai pertandingan rekan Andi Irhami merilis foto-foto pertandingan, termasuk foto-foto sosok yang diduga kuat sebagai pemilik akun Chess.com dengan username MASTERNDUT:

 

 

Jika sosok dalam foto-foto ini bener pemilik akun MASTERNDUT di Chess.com, maka  bisa dipastikan yang bersangkutan selama ini telah melakukan tindakan impersonasi dengan berpura-pura menjadi seorang wanita bernama WIM Linda yang katanya memiliki saudara seorang GM bernama Ed

Jika kita menilik kembali definisi impersonasi (impersonate) di atas minimal harus ada dua unsur yang terpenuhi, yaitu unsur mengelabui dan unsur keuntungan. Unsur mengelabui sepertinya sudah terpenuhi karena selama ini MASTERNDUT telah mengakui indentitas yang tidak selaras dengan identitas dia yang sebenarnya, ia juga telah menyampaikan informasi tentang sosok yang bernama Linda dan Ed yang diduga kuat fiktif belaka. Unsur keuntungan bisa terpenuhi jika selama ini MASTERNDUT menikmati perannya sebagai sosok Linda ketika dia berinteraksi dengan teman-temannya. Keuntungan semacam ini bisa disebut sebagai kenyamanan psikologis (psychological comfort) di mana seseorang merasa nyaman karena telah melakukan sesuatu yang diinginkannya kepada orang lain.

Selain itu, kalau dicermati dengan seksama interaksi MASTERNDUT (dalam peran Linda) dengan teman-temannya tidak jarang berakhir dengan permintaan MASTERNDUT kepada teman-temannya untuk bergabung ke grup-grup dia di Chess.com antara lain: INDONESIAN, Super Flash, dan Masterndut & Linda with All Best Friend, atau permintaan untuk bergabung ke situs catur chessmaniac di mana dia sudah jadi anggota di sana. Simak beberapa notes yang pernah MASTERNDUT tulis di Notes teman-temannya berikut ini (baca dari bawah ke atas):


1) Super Flash

 


2) INDONESIAN

 

3) MASTERNDUT


4) Chessmaniac

 

Dengan kata lain dari impersonasi dengan peran Linda yang dilakukannya selama ini, MASTERNDUT juga merasakan keuntungan berupa kemudahan pertemanan dan sedikit kemudahan dalam merekrut anggota untuk grup-grup yang dikelolanya di Chess.com.

Lalu siapakah sebenarnya Linda dan foto-foto siapakah yang dipasang MASTERNDUT sebagai foto profilnya? Saya tidak tahu persis apakah nama Linda itu mengacu kepada sosok wanita yang nyata atau hanya rekaan semata. Salah seorang rekan MASTERNDUT pernah membuat komentar berikut ketika mengomentari salah satu foto yang diduga kuat sebagai MASTERNDUT di atas:

 




Jadi, ada kemungkinan foto-foto yang dipasang itu merupakan foto salah satu teman MASTERNDUT. Hal ini diperkuat dengan pengakuan yang bersangkutan dalam sebuah obrolan dengan saya beberapa hari lau bahwa foto-foto yang pernah dipasangnya itu adalah foto teman facebook MASTERNDUT yang sebenarnya tidak mengerti masalah catur. Namun demikian, saya tidak punya data untuk mengklarifikasi hal ini.

Sampai di sini, saya sudah membuktikan hipotesis yang saya kemukakan di awal bahwa pemilik akun MASTERNDUT di Chess.com diduga kuat telah melakukan impersonasi dalam berinteraksi dengan sebagian teman-temannya.

Pertanyaan berikutnya adalah apakah tindakan impersonasi  merupakan sebuah kejahatan, bukankah di dunia siber anonimitas atau kesumiran identitas adalah hal yang lumrah? Perlu dibedakan dengan cermat antara anonimitas dengan impersonasi. Anonimitas merujuk kepada kondisi di mana identitas anda tidak diketahui oleh orang lain, dan hal ini adalah hak setiap orang baik di dunia nyata maupun di dunia siber untuk melindungi privasinya. Saya sendiri memilih untuk tetap anonim di Chess.com oleh karena itu saya tidak pernah memberitahu siapapun tentang identitas saya yang sebenarnya, bahkan kepada teman yang saya sudah anggap sangat akrab sekalipun. Namun dekimian, meskipun saya anonim, saya tidak berpura-pura menjadi orang lain, saya tidak mengelabui orang lain, saya tidak memberikan informasi palsu atau fiktif kepada orang lain. Saya tetap bertindak atas nama saya sendiri hanya saja tidak ada yang tahu siapa saya yang sebenarnya. Oleh karena itu di Chess.com ini saya anonim tapi tidak melakukan tindakan impersonasi.

Lalu apakah impersonasi bisa dianggap sebagai tindakan kejahatan? Majalah Time Edisi Online Januari 2013 pernah menurunkan sebuah laporan berjudul Can you go to jail for impersonating someone online (Apakah anda bisa masuk bui gara-gara berpura-pura menjadi orang lain di dunia maya)? Jawabannya sangat jelas: Bisa! Impersonasi bukan urusan iseng untuk bersenang-senang. Anda berani melakukannya anda harus siap jika semuanya berakhir di balik jeruji besi. Silahkan simak laporan lengkapnya di tautan yang telah diberikan.

Terakhir, perlu saya jelaskan bahwa saya berteman baik dengan akun MASTERNDUT, saya sama sekali tidak punya persoalan pribadi. Bahkan sekitar tiga hari yang lalu saya sempat ngobrol hangat dengan dia di Notes sebuh grup. Dalam obrolan itu saya malah sudah menyarankan MASTERNDUT untuk segera mengakhiri drama yang sedang dia perankan. Saya sarankan akun MASTERNDUT diganti foto profilnya dengan gambar bunga, lalu diistirahatkan tidak dipake lagi, dan beri keterangan yang kedengarannya baik mengapa akun tersebut diistirahatkan, lalu MASTERNDUT pake akun yang lain (bisa akun baru atau akun lain yang sudah dibuat) dengan tentu saja tidak lagi melakukan tindakan impersonasi. Namun hingga saat ini tidak ada tanggapan dan tindaklanjut sama sekali, mungkin dia tidak menganggap serius apa yang saya katakan. Padalah saya selalu berpegang pada kata-kata Dr. Seuss: I mean what I say, and I say what I mean. Oleh karena itu, tulisan ini sebaiknya dianggap sebagai wujud tanggung jawab sosial saya sebagai bagian dari komunitas siber untuk membantu mengontrol dan meminimalisir tindakan impersonasi yang sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip Netiquette.   

Online Now