Kiprah Spektakuler Tim Catur Indonesia Di SEA Games 2013 Myanmar

Kiprah Spektakuler Tim Catur Indonesia Di SEA Games 2013 Myanmar

Nawa607
Nawa607
Dec 23, 2013, 1:08 AM |
30

Pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara (SEA Games) ke-27 tahun 2013 baru saja tuntas digelar di Myanmar. Penyelenggaraan SEA Games di Myanmar kali ini merupakan peristiwa yang cukup bersejarah bagi cabang olahraga (lebih tepatnya olahpikir) catur. Betapa tidak, cabang ini mempertandingkan 18 nomor pertandingan!

 

Cabang olahraga catur pertama kali diperkenalkan sebagai cabang eksibisi pada SEA Games 2001 di Malaysia. Pada SEA Games 2003 di Vietnam dan SEA Games 2005 di Philippines catur dimasukkan sebagai cabang resmi yang memperebutkan medali. Namun demikian, kenyataan pahit harus dialami cabang olahraga ini di mana pada SEA Games 2007 di Thailand dan SEA Games 2009 di Laos cabang catur tidak dipertandingkan. Nasib baik baru kembali dialami cabang ini pada penyelenggaraan SEA Games 2011 di Indonesia di mana cabang catur kembali dipertandingkan dengan total 9 nomor pertandingan.


Dalam tradisi penyelenggaraan SEA Games tuan rumah memang diberi kebebasan untuk mengusulkan cabang olah raga dan nomor pertandingan apa yang akan dipertandingan. Tentu saja tuan rumah akan berusaha mempertandingkan cabang-cabang olahraga yang populer di negerinya sehingga mereka berpeluang untuk meraih medali. Barangkali hal ini pulalah yang menjadi alasan mengapa Singapura -yang akan menjadi tuan rumah SEA Games 2015- tidak memasukkan catur ke dalam daftar (sementara) cabang olahraga yang akan dipertandingkan mengingat di negara ini catur bukanlah olahraga populer.


Pada SEA Games 2013 Myanmar ini, cabang catur terdiri dari lima kategori:

A. Catur Internasional (International Chess). Ini adalah kategori catur yang umum kita kenal dan mempertadingkan empat nomor pertandingan:

1. Individual Blitz - Men

2. Individual Blitz - Women

3. Individual Rapid - Men

4. Individual Rapid - Women


B. Catur960 (Chess960) atau biasa juga dikenal dengan Fischer Random Chess Catur kategori ini cukup populer di Chess.com, dan mempertandingan satu nomor pertandingan:

5.  Individual Rapid Men


C. Catur Tradisional (Traditional Chess). Kategori ini mengacu kepada permainan catur tradisional yang populer dan sudah dimainkan di Myanmar selama berabad-abad. Meskipun catur tradisional ini memiliki beberapa kesamaan dengan catur internasional misalnya bagaimana Benteng dan Kuda melangkah, ia juga memiliki beberapa peraturan khusus, misalnya: menteri -biasa disebut Jenderal- hanya boleh melangkah satu langkah secara diagonal, dan peluncur -biasa disebut gajah- hanya boleh membuat satu langkah diagonal dan satu langkah ke depan. Selain itu, posisi buah di papan dan promosi bidak juga berbeda dari catur internasional. Kategori ini mempertandingkan enam nomor pertandingan:

6. Individual Rapid - Men

7. Individual Blitz - Men

8. Individual Standard - Men

9. Team Rapid - Men

10. Team Blitz - Men

11. Team Rapid - Women

 

D. Catur ASEAN (ASEAN Chess). Catur kategori ini merupakan turunan dari permainan catur Myanmar dan Thailand. Beberapa peraturan khusus antara lain: seperti halnya dalam catur tradisional dalam catur ASEAN juga menteri hanya bisa melangkah satu langkah secara diagonal demikian pula halnya dengan peluncur dengan tambahan satu langkah ke depan, tidak dikenal istilah rokade, buah di papan diatur secara khusus, dan promosi bidak juga dengan ketentuan tertentu. Sedangkan aturan lainnya masih mengacu ke peraturan catur internasional. Kategori ini mempertandingkan lima nomor pertandingan:

12. Individual Standard - Men

13. Individual Blitz - Men

14. Individual Rapid - Men

15. Team Rapid Women

16. Team Rapid Men

 

E. Catur Transfer (Transfer Chess). Catur kategori ini diadopsi dari permainan bughouse chess. Sebagai ilustrasi, dua tim misalnya A dan B yang masing-masing terdiri dari dua pecatur bermain satu sama lain sebagai tim, misalnya pemain A1 dengan buah putih bermain melawan pemain B1 dengan buah hitam dan Pemain A2 dengan buah hitam melawan pemain B2 dengan buah putih. Secara umum, peraturan catur transfer ini sama dengan catur internasional. Salah satu peraturan khusus catur kategori ini adalah buah yang sudah dimakan (captured pieces) oleh salah satu pemain dalam satu tim diberikan kepada rekan setimnya dan pemain yang menerima buah tersebut punya opsi untuk menambahkan buah tersebut di papannya kapan saja sesuai dengan keperluan permainan di atas papan. Kategori ini mempertandingkan dua nomor pertandingan:

17. Men Pair (Ganda Putra)

18. Mixed Pair (Ganda Campuran)

 

Tim Catur Indonesia di ajang SEA Games 2013 kali ini menurunkan 13 orang pecatur terbaiknya, sebagai berikut: 

 

Dari semua nomor yang dipertandingkan Indonesia berhasil mengoleksi total 16 medali, dengan rincian: 5 Medali Emas, 4 Medali Perak, dan 7 Medali Perunggu. Ini adalah jumlah medali emas terbanyak yang pernah diraih Tim Catur Indonesia sepanjang sejarah penyelenggaraan SEA Games. Spektakuler! Berikut rincian perolehan medali tersebut: 


Kiri ke kanan: Muhammad Lutfi Ali, Chelsie Monica Ignesias Sihite, Irine Kharisma Sukandar, Susanto Megaranto memperlihatkan medali emas yang mereka raih. Foto: detik.com.

Dengan torehan medali di atas, Tim Catur Indonesia dinilai jauh melampaui target raihan medali yang ditetapkan PB Percasi yaitu dua emas. Lebih dari itu, semua atlit catur yang diturunkan di cabang ini berhasil meraih medali. Meski demikian, sedikit catatan patut diberikan untuk kategori International Chess di dua nomor putra (Individual Blitz dan Individual Rapid) di mana Indonesia menurunkan dua pecatur putra terbaiknya, GM Susanto Megaranto dan IM Farid Firman Syah, namun gagal meraih medali. Susanto Megaranto hanya meraih posisi empat di nomor Individual Blitz dan posisi lima di nomor Individual Rapid, sedangkan Farid Firman Syah hanya menempati posisi lima di nomor Blitz dan posisi 11 di nomor Rapid. Sementara itu, WGM Irine Kharisma Sukandar berhasil menyapu bersih medali emas di dua nomor tersebut untuk kategori putri. 

Secara keseluruhan, Indonesia menempati posisi dua dalam total raihan medali cabang catur di bawah Thailand. Berikut rangkuman perolehan medali negara-negara yang berpartisipasi di cabang olahraga catur:


Kita pantas bergembira melihat penyelenggaraan cabang catur di SEA Games Myanmar 2013 yang cukup menggeliat dan innovatif dengan variasi kategori dan nomor pertandingan. Di sisi lain, kita juga patut prihatin dengan rencana perhelatan SEA Games berikutnya di Singapura 2015 yang tidak mengusulkan catur sebagai salah satu dari 30 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Namun demikian, mengingat beberapa cabang olahraga (maksimal 8 cabang) masih mungkin ditambahkan ke dalam daftar hingga Februari 2014, kita berharap catur akan menjadi salah satu cabang tambahan tersebut. Semoga Smile.


Data diolah dari sumber-sumber sebagai berikut: 
chess-results.com, wikipedia.org, fide.com, chessischess.blogspot.com, seachess2013.blogspot.com27seagames2013.com, boardgamegeek.com