x
Chess - Play & Learn

Chess.com

FREE - In Google Play

FREE - in Win Phone Store

VIEW

Kaidah Turnamen

Pujakelana
Feb 16, 2012, 7:51 AM 18

Semula saya juga tak begitu hirau tentang hal ini, tetapi karena disentil oleh pertanyaan dari rekan Ganggas dan memang saya juga penasaran untuk mengetahuinya maka akhirnya lahirlah tulisan ini. Terimakasih kepada Mbak Santi yang telah menyodorkan sumbernya sehingga saya tak perlu “utag-atog” mencarinya.    (Laughingmungkin Endan akan tepat menerjemahkan kata dalam tanda petik itu)

Berikut ini hal-hal yang perlu kita ketahui tentang sistem turnamen di Chess.com.

 

Siapa yang diperbolehkan untuk bergabung sebuah turnamen?

Siapa saja dapat bergabung dalam turnamen selama Anda memenuhi kriteria untuk bergabung dalam turnamen. Direksi Turnamen memiliki kemampuan untuk mengubah kriteria per turnamen, tetapi kriteria standar akan diberikan di bawah ini:

  • Harus menjadi anggota premium ATAU telah menyelesaikan setidaknya 5 game rated Catur Online pada Chess.com.
  • Harus memiliki minimal 10% rasio kemenangan.
  • Harus memiliki tidak lebih dari 10% rasio timeout.

 

Bagaimana cara kerja Turnamen Online Chess.com?

Chess.com menggunakan Round-Robin, suatu format populer dan mudah dipahami untuk turnamen catur. Dalam turnamen Round-Robin masing-masing pemain bermain dengan setiap pemain lain dalam dua game (sekali sebagai Putih, sekali sebagai Hitam).

Contoh kecil Round-Robin ditampilkan di bawah.

No.

Pemain

1

2

3

4

Points

Tie Break

1

Pemain 1 (1200)       

x

½   1

1   ½

1   1

5

11.5

2

Pemain 2 (1200)  

0   ½

x

0   1

1   ½

3

7.5

3

Pemain 3 (1200)  

½   0

0   1

x

0   ½

2

6.5

4

Pemain 4 (1200)    

0   0

½   0

½   1

x

2

4.5

Round-robin sangat efektif karena masing-masing pemain bermain dengan setiap pemain lain dan kemudian pemenangnya ditentukan oleh skor. Namun, jika ada BANYAK pemain, maka turnamen Round-Robin dapat berlangsung sangat lama. Bila itu terjadi maka format Knock-Out diberlakukan untuk membuat turnamen ini berjalan lebih cepat.

 

Bagaimana cara kerja Knock-Out dalam turnamen Round-Robin?

Knock-Out terjadi bila ada terlalu banyak pemain yang bermain dalam satu putaran Round-Robin. Dalam Knock-Out pemain dikelompokkan ke dalam grup kecil, kemudian pemenang dari tiap grup dikombinasikan dengan pemenang dari grup lain untuk membentuk grup baru. Pemenang dari grup terakhir adalah pemenang dari turnamen tersebut. Jumlah pemain yang akan bertanding ditentukan oleh Direktur Turnamen pada awal turnamen. Pemain yang maju pada grup berikutnya mungkin saja hanya 1 pemain dari grup sebelumnya, atau mungkin juga lebih.

 

Apa arti dari “5 (2) -> 2+” ?

grup> (<game per lawan>) -> per grup> [+ = tidak ada tie breaks]

Contoh 1: 

5 (2) -> 2+ berarti 5 pemain per grup, bermain 2 game per lawan pada saat yang sama, 2 pemain yang maju dari tiap grup, dan tidak ada tie break.

Contoh 2:

8 (1) -> 1 berarti 8 pemain per grup, bermain 1 game per lawan pada satu waktu, 1 pemain yang maju dari tiap grup, dan menggunakan tie break.

 

Turnamen “Tanpa-Libur” 

Jika pilihan "No-Vacation " ditambahkan dalam turnamen, maka game akan terhenti (time out) jika Anda membutuhkan waktu lebih lama dari waktu yang ditentukan untuk melangkah. Perlindungan otomatis Liburan untuk anggota premium TIDAK akan diaktifkan dalam turnamen ini. Semua game HARUS dimainkan dalam kendali waktu ditetapkan - tidak ada pengecualian!

 

Kapan permainan turnamen mulai? Bagaimana jika lawan saya tidak bergerak?

Begitu turnamen dimulai dan pemasangan (pairing) pemain terbentuk, semua jam pemain segera mulai berjalan. Jika tidak dilakukan langkah sebelum kendali waktu sudah habis maka game secara otomatis akan terhenti (oleh resign) sebagai "timeout" atau kalah waktu. Hal ini mempengaruhi kedua pemain turnamen dan catatan Catur Online tetapi TIDAK mempengaruhi peringkat (rating).

 

Bagaimana penempatan (seeding) pemain dan penempatan grup ditentukan dalam turnamen multigrup?

Untuk turnamen multigrup, pemain ditempatkan dalam grup-grup dimulai dengan pemain berperingkat (rating) tertinggi secara berurutan ke bawah sampai kepada pemain berperingkat terendah. Sebagai contoh, dalam sebuah turnamen dengan 25 pemain yang terbagi dalam 5 grup dan 5 pemain dalam tiap grup, pemain berperingkat tertinggi masuk ke Grup #1, peringkat kedua masuk ke Grup #2, peringkat ketiga masuk ke Grup #3, dan seterusnya . Setelah semua grup memiliki satu pemain, dengan cara yang sama kembali menempatkan pemain dimulai dari Grup #1. Jadi, dalam contoh ini Grup #1 akan memiliki pemain dalam urutan berikut: #1, #6, #11, #16, dan #21. Hal ini dilakukan untuk mencoba dan memastikan bahwa di babak final, para pemain terbaiklah yang tersisa untuk bermain dan memenangi turnamen.

 

Berapa banyak pemenang? Mengapa kadang 1 pemenang, kadang lebih?

Dalam turnamen di Chess.com setiap turnamen dengan kurang dari 8 pemain hanya akan memiliki 1 pemenang. Turnamen dengan 8 atau lebih pemain akan memiliki 1 - 3 tempat juara.

 


Berapa banyak pemenang? Mengapa kadang 1 pemenang, kadang lebih?  

Dalam turnamen di Chess.com setiap turnamen dengan kurang dari 8 pemain hanya akan memiliki 1 pemenang. Turnamen dengan 8 atau lebih pemain akan memiliki 1 – 3 tempat juara.

 

 

Apa yang terjadi jika ada skor tie? Apa Tie Break?  

Jika 2 pemain dalam grup memiliki skor yang sama maka keduanya akan maju. Direksi Turnamen dapat memilih untuk menggunakan metode tie break tambahan (kita menggunakan skor Neustadtl) yang memperhitungkan kekuatan lawan. Jika dua pemain memiliki skor yang sama dan skor Tie Break yang sama, keduanya akan maju.

 

Di bawah ini adalah contoh cara kerja sistem tie break:


No.

Grup #...

1

2

3

Points

Tie Break

1

Bob       

x

0   1

1   1

3

4.5

2

Mary  

0   1

x

0   ½

1.5

3.75

3

John  

0   0

½   1

x

1.5

2.25

 

Skor tie break seorang pemain dihitung dengan menambahkan jumlah poin pemain yang telah dikalahkan dengan setengah jumlah poin pemain yang telah menghasilkan remis (draw) dengannya.

Bob memenangi satu game melawan Mary dan dua game melawan John. Jadi Bob mendapat 1x1.5 poin dari Maria dan 2x1,5 poin dari John, sehingga mendapatkan 4,5 poin tie break.

Mary memenangi satu game melawan Bob dan remis satu game melawan John. Jadi Mary mendapat 1x3.0 poin dari Bob dan 0.5x1.5 poin dari John, sehingga mendapatkan 3,75 poin tie break.

John memenangi satu game dan remis satu game melawan Mary. Jadi John mendapat 1.5x1.5 poin dari Mary, sehingga mendapatkan 2,25 poin tie break.

Online Now