Piala Dunia Catur FIDE 2011

Piala Dunia Catur FIDE 2011

Pujakelana
Pujakelana
Aug 29, 2011, 4:37 AM |
1

Dua hari yang lalu, Sabtu, 27 Agustus 2011, Piala Dunia Catur FIDE 2011 resmi dibuka oleh Presiden FIDE Kirsan Ilyumzhinov. Putaran pertama telah usai dan putaran kedua dijadwalkan pada pukul 15:00 waktu setempat hari ini, Senin, 29 Agustus 2011. Seratus dua puluh delapan peserta dari seluruh dunia bertarung dalam sistem knock-out yang akan bertahan lebih dari tiga minggu untuk menghasilkan tiga Kandidat, sebagai bagian dari siklus Kejuaraan Dunia yang baru. Kali ini Indonesia diwakili oleh putera terbaiknya GM Susanto Megaranto.

Piala Dunia Catur FIDE 2011 FIDE berlangsung di Khanty - Mansiysk, Siberia dari 27 Agustus sampai 20 September. Ini kali keempat wilayah Rusia Ugra menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Khanty - Mansiysk adalah kota minyak di Rusia yang maju pesat, pusat administrasi Khanty- Mansi Otonomi Okrug. Selain tiga Piala Dunia sebelumnya (dimenangi masing-masing oleh Levon Aronian, Gata Kamsky, dan Boris Gelfand), Khanty- Mansiysk adalah tempat Olimpiade Catur 2010.

Venue (tempat pertandingan) adalah Akademi Catur Ugorian yang baru selesai dibangun, sebuah bangunan tiga tingkat yang unik tanpa sudut yang tajam bergaya sebagai bidak catur; dibangun di ibukota Ugra pada tahun 2008 s.d. 2010 dan dirancang oleh arsitek terkenal Belanda Erick Van Egeraat. Info lebih lanjut tentang bangunan yang luar biasa ini dapat ditemukan di sini.

Ada 128 peserta dari 46 negara yang berbeda. Daftar pemain dan pairingnya dapat dilihat di sini atau diunduh di website resminya. Namun, Vladimir Akopian dari Armenia dan Wang Hao China telah membatalkan keikutsertaannya. Yang pertama patah kaki baru-baru ini, yang terakhir didiagnosis bermasalah jantung. Dengan demikian lawan mereka masing-masing Parimarjan Negi dan Alexander Ivanov maju ke putaran kedua tanpa bermain.

Kecuali untuk final, setiap putaran terdiri dari dua game dengan kendali waktu FIDE: 90 menit untuk 40 langkah diikuti oleh 30 menit untuk menyelesaikan permainan, dengan selisih 30 detik dari langkah pertama. Dalam kasus dasi 1-1, pada putaran hari ketiga tie-break dimainkan. Sebuah tie-break terdiri dari 2 game (25 menit 10 detik tambahan). Dalam kasus skor 2-2, dua game atau lebih dimainkan dengan 10 menit 10 detik tambahan dan kemudian, jika diperlukan, 2 game dengan 5 menit 3 detik tambahan. Jika perlu, tie-break akan diakhiri dengan game Armageddon, yaitu Putih mendapatkan 5 menit dan Hitam 4 menit dengan 3 detik tambahan mulai langkah ke-61. Dalam game ini, remis berarti pemain Hitam menang. Dalam putaran final dimainkan lebih dari 4 game dengan kendali waktu FIDE dan jika perlu dengan tie-break pada hari upacara penutupan.

Pada upacara pembukaan unggulan teratas dari Rusia Sergey Karjakin diminta untuk hadir di panggung. Akhirnya, dia dan semua pemain bernomor ganjil lainnya memainkan Hitam pada game pertama putaran pertama.

Putaran pertama pun telah usai, hasilnya dapat Anda lihat di sini atau Anda unduh di sini. Pada putaran ini GM Susanto Megaranto dengan buah Hitam dikalahkan oleh GM Quang Liem Le dari Vietnam. Adapun putaran kedua berlangsung mulai pikul 15.00 waktu setempat hari ini.

Blogs