< BELAJAR DARI KEGAGALAN >

jakasoenda
jakasoenda
Jan 8, 2012, 7:03 AM |
1

 

Namanya adalah Abraham Lincoln – salah seorang Presiden Amerika yang terkenal.
Mungkin jika orang lain mengalami kegagalan sebanyak itu sudah mundur teratur sejak awal-awal. Tetapi Lincoln maju terus, mungkin kata ‘mundur’ tidak ada dalam otaknya. Selama hampir 29 tahun ia terus berupaya. Akibatnya kemudian ia mencapai suatu sukses yang luarbiasa.

Simak kata-kata terkenalnya:
Sukses berjalan dari satu kegagalan ke kegagalan yang lain,
Tanpa kehilangan semangat
(Abraham Lincoln)
Kegagalan itu ibarat pasir keruh yang menyembunyikan emas. Bila anda terus berusaha, tekun mencari perbaikan di sela-sela kerumitan, serta berani menyingkirkan alasan-alasan, maka anda akan menemukan cahaya kesempatan. Hanya mencari alasan sama saja membuang pasir dari semua emas yang ada di dalamnya.

Gagal. Nah gagal itu sebenarnya adalah suatu rencana Tuhan untuk menunjukkan kepada kita bahwa masih banyak hal yang harus kita pelajari, yang mana kalau kita sukses padahal kemampuan kita masih dangkal, kita akan terjatuh lebih dalam lagi. Seperti yang pernah dikatakan oleh seorang ahli investasi dari Amerika bahwa ‘orang bodoh dengan uang banyak adalah suatu fenomena yang sangat menarik’. Apakah yang akan terjadi bila orang bodoh tiba-tiba mendapatkan uang banyak? Jelas, dia akan menghabiskannya tanpa perhitungan hanya untuk barang-barang konsumtif dan kembali mengalami kesulitan keuangan karena kemungkinan besar barang-barang konsumtif tersebut akan dia beli dengan cara kredit. Apakah dia pantas disebut orang kaya? Jelas tidak, orang yang betul-betul kaya tahu betul apa yang akan dia perbuat dengan uangnya dan akan mengembangkannya lebih banyak lagi.

Poin utamanya adalah kesuksesan yang kita terima akan selalu sesuai dengan kapasitas diri kita. Jika kita menerima kesuksesan di luar kapasitas diri, malah kita akan jatuh lebih dalam dan gagal lebih parah. Maka dari itu, jangan terlalu mendramatisir kegagalan. Bisa jadi dengan kegagalan Tuhan menyelamatkan kita dari kegagalan yang lebih parah. Yang perlu kita fokuskan adalah bagaimana caranya agar kita bisa berkembang secara pribadi untuk layak menjadi orang yang betul-betul sukses sehingga kesuksesan kita bisa bertahan lama dan semakin berkembang.

Nah untuk itu Syukurilah apa yang ada, karena hidup adalah anugrah terindah dari Allah SWT. Kita harus yakin bahwa apapun yang diberikan Allah SWT. pada kita adalah yang terbaik bagi kita semua. Kita tidak akan pernah menyadari bahwa yang tadinya ulat berbulu, kini menjadi kupu kupu indah yang terbang leluasa. Kita juga tidak pernah menyadari bahwa kaktus dan pohon mawar yang awalnya berduri kini mengembang bunganya. Bunga yang indah yang dihinggapi kupu kupu cantik. Itulah makna dari sebuah kegagalan dan kesuksesan.

Nah gan, ini Cuma beberapa motivasi dari ane buat diri ane sendiri yang ane kutip dari berbagai sumber. tapi kalo agan merasa termotivasi dan bangun dari kegagalan agan kya ane.. berarti sukses sebentar lagi ada di tangan kita InsyaAllah!!